oleh

Tumplek, Warga Saksikan Prosesi Arya Wiraraja

SUMENEP (PortalMadura) – Rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang ke 744, benar-benar menyedot perhatian banyak orang. Prosesi Arya Wiraraja yang ditempatkan di depan Masjid Agung, Jalan Trunojoyo itu memukau masyarakat Sumenep dan pengunjung dari luar daerah.

“Prosesi Arya Wiraraja ternyata banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Mereka ingin tahu perjuangan Arya Wiraraja tempo dulu,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga (Kadis Budparpora) Sumenep, Bambang Iriyanto, di selah-sela prosesi Arya Wiraraja, Sabtu (2/11/2013).

Dia menjelaskan, prosesi dan pawai budaya tersebut terbagi tiga sesi. Yakni prosesi Arya Wiraraja, masa pemerintahan Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan pawai budaya yang didalamnya juga pagelaran tari kolosal keris.

“Sebenarnya ingin menampilkan yang jauh lebih meriah. Tapi, dengan kesederhanaan ini ditargetkan masyarakat mampu menikmati dan memetik hikmah dari perjuangan Arya Wiraraja tempo dulu.

“Waktu pemerintahan Arya Wiraraja tempo dulu, mampu mempersatukan semua etnis dan kelompok. Saat ini pun, harus mampu menterjemahkan lebih dari itu. Sehinga Sumenep lebih baik kedepan,” tandasnya (Redaksi).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.