Turunkan Kolesterol dengan 4 Jenis Sayur Ini

Avatar of PortalMadura.com
Turunkan Kolesterol dengan 4 Jenis sayur Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah. Sehingga bisa jadi pemicu penyakit yang berbahaya.

Ada beberapa penyakit yang ditimbulkan kolesterol, seperti stroke, jantung dan lain sebagainya. Nah agar penyakit itu tidak menyerang Anda cegah kolesterol dengan mengonsumsi beberapa sayur ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (31/10/2019) dari laman fimela.com yang dikutip dari Alodokter.

Berikut ini penjelasannya:

Tomat

Selain untuk melawan kanker, tomat juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

Baca Juga: Kuasa Hukum Pencabulan Santri Minta Penyidik Polres Bekerja Maksimal

Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol. Namun jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Selain itu ia juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam memiliki peran penting untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya pada tubuh.

Bawang Putih

Selain untuk bahan masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat-obatan yang menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat.

Terong

Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi terong juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Selain sayuran, terdapat beberapa jenis makanan lain yang bisa menurunkan kolesterol. Seperti gandum, kacang-kacang, buah apel, anggur, stroberi, serta ikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.