Tutorial Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Harus Mengetik

Avatar of PortalMadura.com
Tutorial-Kirim-Pesan-WhatsApp-Tanpa-Harus-Mengetik
Ilustrasi (popbela.com)

PortalMadura.Com – Sebagai pengguna , sudah tahukah Anda kalau di aplikasi ini bisa mengirim pesan tanpa harus mengetik?. Caranya yaitu melalui asisten virtual yang ada di perangkat WhatsApp.

Dengan mudahnya, tinggal memerintahkan asisten virtual untuk kirim pesan yang Anda inginkan ke kontak yang dituju. Dengan kata lain, pengguna WhatsApp di Android bisa memerintahkan asisten virtual Google Assistant untuk mengirimkan pesan

Sedangkan, pengguna iPhone atau iOS bisa meminta asisten virtual Siri untuk mengirimkan pesan pada kontak yang diinginkan. Mengirimkan pesan tanpa mengetik pesan yang ingin disampaikan cukup berguna jika Anda sedang tidak bisa mengetik pesan. Misalnya sedang sibuk tapi harus segera mengirimkan pesan.

Dilansir Liputan6.com yang dikutip dari The Indian Express, berikut cara untuk mengirimkan pesan tanpa mengetik:

1. Pengguna harus instal Google Assistant dan mengaktifkannya. Di ponsel Android, Google Assistant alias Asisten Google hanya perlu diaktifkan dengan cara mengatakan “Hey Google” atau “Ok Google.”

Selain itu pada tablet atau ponsel Android, pengguna juga bisa menyentuh dan tahan tombol Home untuk mengaktifkan Google Asisstant.

2. Ketika sudah ada Google Assistant, pengguna hanya perlu membuka kunci ponsel dan mengatakan “Hey Google.”

3. Google Assistant akan merespon. Pengguna kemudian bisa mengucapkan perintah, “Send a WhatsApp message to XXX (nama penerima). Di sini pengguna menyebutkan nama penerima pesan (Sesuai dengan nama yang disimpan di kontak).

Dalam hal ini, pengguna bisa mengatur bahasa Asisten Google dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu semua perintah dalam bahasa Indonesia bisa dimengerti oleh Asisten Google.

4. Google Assistant akan menanyakan pesan apa yang mau dikirim.

5. Selanjutnya Google Assistant akan mengetikkan pesan tersebut untuk mengguna dan memperlihatkan apakah pesan sudah benar. Google Assistant juga akan menginformasikan apakah pesan sudah siap untuk dikirim.

Setelah semua siap, pengguna hanya perlu mengatakan, “Okay, send it” atau setelah mengatur dalam bahasa Indonesia, “Oke, kirimkan.” Pesan pun akan dikirimkan.

Selain mengirimkan pesan dengan bantuan asisten virtual, pengguna juga bisa meminta asisten virtual untuk membacakan pesan. Namun dalam hal ini, asisten virtual akan meminta izin tertentu yang harus dipenuhi.

Dalam hal ini pengguna harus memberikan izin akses ke notifikasi ponsel. Google akan menampilkan pesan yang menyebut, “untuk mendengar pesan Anda, kalender, dan info penting lainnya, berikan akses aplikasi Google ke notifikasi Anda.”

Pengguna pun bisa selalu mengubah pengaturan ini. Caranya dengan masuk ke Notifikasi di Setting dan akses notifikasi untuk Google.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.