oleh

Ucaplah Hamdalah Setelah Bersin, Ini Rahasianya

PortalMadura.Com – Menurut ajaran agama Islam, bersin menjadi sebuah kenikmatan bagi kesehatan. Dikatakan nikmat karena dengan bersin seseorang sudah mengeluarkan penyakit yang ada dalam tubuhnya.

Tidak hanya tentang bagaimana mengeluarkan kotoran atau virus tertentu saja, melainkan ada adab tersendiri untuk umat muslim yaitu mengucap Alhamdulillah usai bersin. Bagaimana pun kondisinya, sesudah bersin diperintahkan untuk mengucap kata tersebut.

Bahkan, Rasulullah menjelaskan bahwa tidak hanya orang yang bersin saja, yang mendengar orang lain bersin juga harus menjawabnya dengan kata Yarhamukallah.

Mengapa reaksi reflek ini demikian spesial sehingga harus bersyukur setelah mengalaminya?. Padahal, jika dilihat kasat mata bersin menjadi hal yang cukup mengganggu orang sekitar. Ternyata, ada rahasia dibalik ucapan Hamdalah usai bersin yang jarang Anda ketahui. Apa saja rahasianya?. Simak penjelasannya di bawah ini:

Rasulullah dalam sabdanya menjelaskan jika setelah bersin maka umat Islam harus mengucapkan Hamdalah atau Alhamdulillah. Sementara bagi mereka yang mendengar orang bersin dan mengucapkan kalimat itu harus menjawab dengan Yarhamukallah yang artinya semoga Allah merahmatimu.

Loading...

Dahulu, ucapan ini tentu saja menjadi sebuah bentuk kepatuhan umat kepada Nabi Muhammad SAW. Namun, pada era teknologi yang semakin canggih seperti saat ini perintah Rasulullah ini terbukti ilmiah.

Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan ‘Alhamdulillah’ sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan ‘Yarhamukallah’ (Semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya berkata ‘Yarhamukallah’ maka hendaknya dia berkata, ‘Yahdikumullah wa yushlih baalakum’ (Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu),” (HR. Bukhari no. 6224 dan Muslim no. 5033).

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata pada saat bersin, seluruh anggota tubuh Anda berhenti berfungsi seolah mati, ini terjadi dalam hitungan detik, setelah itu berfungsi normal kembali. Artinya, seolah-olah Anda baru terlewat dari maut yang mengerikan sekali.

Halaman: 1 2


whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar