oleh

Ucaplah Hamdalah Setelah Bersin, Ini Rahasianya

Direktur Lown Cardiovascular Research Foundation di Boston, Dr Thomas Graboys mengatakan, bersin memicu perubahan tekanan di dada yang dapat merangsang saraf vagus sehingga denyut jantung melambat. Kondisi inilah yang menjelaskan mengapa bersin membuat jantung berhenti berdetak dalam hitungan detik tersebut.

Selain hal tersebut, masih banyak faedah bersin yang akan membuat Anda wajib mengucapkan Alhamdulillah. Bersin hanya akan terjadi ketika ada benda asing, virus atau bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh. Kemudian, ujang syaraf dalam hidung mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung.

Menariknya, mata akan spontan akan terpejam saat bersin untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung. Usai hentakan terjadi, mata pun otomatis akan terbuka kembali.

Loading...

Hal ini diungkapkan Dr. Bonnie Henderson dari pusat kesehatan Mata dan Telinga Massachusetts. Setelah bersin terjadi, kotoran-kotoran yang ada dalam mulut dan hidung Anda akan keluar bersama bersin yang kecepatannya mencapai 100-250 KM/Jam.

Itulah mengapa Allah lebih menyukai bersin dibanding menguap. “Sesungguhnya Allah menyukai bersin & membenci menguap, bila salah seorang dari kalian bersin lalu mengucapkan; Alhamdulillah, wajib bagi yg mendengarnya untuk mengucapkan; Yarhamukallah, sedangkan ucapan bila salah seorang dari kalian menguap, hendaklah ia menangkal sebisanya & jangan sampai mengucapkan; aah, aah, karena hal itu dari setan, ia akan menertawakannya” (HR. Tirmidzi No.2671). Wallahu A’lam. (Infoyunik.com/Putri)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar