oleh

Umat Islam, Ini 13 Fakta Menarik Tentang Kota Mekkah

PortalMadura.Com – Kota yang menjadi kiblat umat Islam ketika salat yaitu Mekkah. Mengapa demikian? Karena di kota ini terdapat Kakbah yang menjadi jujukan arah kiblat umat Muslim. Selain itu, Mekkah juga dianggap kota suci yang setiap tahunnya didatangi ribuan umat Islam untuk melaksanakan ibadah haji, seperti yang terjadi saat ini.

Tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya umat Islam dari seluruh dunia, Mekkah juga menjadi kota yang tidak bisa diinjak Dajjal. Masih banyak fakta-fakta lain yang jarang diketahui banyak orang tentang Mekkah. Sebagimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari About Islam. Fakta apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Kota Tertua

Mekkah merupakan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia. Hal tersebut dapat di lihat dari sumur Zamzam, yang diyakini sudah berdiri pada 2400 SM.

Tidak Pernah Jadi Ibu Kota Manapun

Dalam sejarahnya, kota itu tidak pernah menjadi ibu kota kerajaan Islam mana pun. Tetapi para penguasa Muslim secara teratur berkontribusi pada pemeliharaannya.

Tidak Semua Termasuk Tanah Haram

Mekkah merupakan kota yang mempunyai julukan Tanah Haram. Namun ternyata, tidak semua kota di sana termasuk dalam kawasan Tanah Haram. Ada banyak lingkungan kota, seperti Sharaya, yang berada di luar batas haram

Dahulu Disebut Bakkah

Kota Mekkah dahulu disebut Bakkah. Namun demikian, beberapa sarjana berpendapat bahwa Bakkah hanya merujuk pada Kakbah dan daerah sekitarnya.

Juga Disebut Umm Al Qura

Selain Bakkah yang disebut dalam Alquran, Mekkah juga disebut sebagai Umm Al Qura. Dalam bahasa arab, Umm Al Qura memiliki arti bunda semua pemukiman.

Mekkah Al Mukarramah

Bakkah dan Umm Al Qura merupakan sebutan yang Allah berikan dalam Alquran. Namun saat ini Mekkah disebut dengan Mekkah al Mukarramah. Secara harfiah, Mekkah al Mukarramah memiliki arti Mekkah yang Terhormat.

Loading...

Kota Nabi selain Madinah

Madinah merupakan kota yang dikenal sebagai kota Nabi Muhammad SAW. Namun pada sejarahnya, Nabi menghabiskan sebagian besar hidupnya di Mekkah. Sekitar 50 tahun, Nabi hidup di Makkah.

Populasinya Dapat Meningkat Signifikan

Mekkah merupakan kota dengan populasi sekitar 1,5 sampai 2 juta jiwa. Namun hal ini berubah drastis ketika musim haji tiba. Pada musim haji, bertambah hingga mendekati 4,5 juta jiwa.

Kota dengan Jumlah Wisatawan Terbanyak

Arab saudi menerima jumlah wisatawan terbanyak di Timur Tengah. Ini disebabkan, sebagian besar oleh jutaan peziarah yang membanjiri Kota Makkah dan Madinah.

Baca Juga: DPRD Pamekasan Minta Pemerintah Perjelas Rekrutmen CPNS Tahun 2019

Memiliki Tanah yang Lebih Rendah dari Kota Lainnya

Pusat Kota Mekkah berada di daerah Masjid Al Haram, tempat ini lebih rendah dari sebagian besar kota lainnya. Hal ini yang membuatnya rentan terhadap banjir bandang di masa lalu.

Hajar Aswad Tidak Selalu di Makkah

Seperti yang kita ketahui, Hajar Aswad merupakan batu yang berada di sisi Kakbah. Namun batu tersebut sebenarnya tidak selalu di situ, pada 930 M, batu itu pernah dicuri oleh orang-orang Qarmatian, dan dibawanya bersama Arab Timur.

Mempunyai Konstruksi Bangunan Paling Mahal

Surat kabar Inggris The Telegraph mencantumkan Masjid Al Haram sebagai bangunan paling mahal di dunia. Total biaya Konstruksi itu mencapai 100 miliar Dolar AS.

Memiliki Menara Jam Tertinggi di Dunia

Abrah Al Bait saat ini termasuk dalam catatan menara jam tertinggi dan permukaan jam terbesar di dunia. Selain itu, bangunan ini juga menjadi bangunan nomor 2 dalam daftar bangunan paling mahal, setelah Masjidil Haram.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar