oleh

Umat Islam, Ini 3 Hal yang Termasuk Lalaikan Salat

PortalMadura.Com – Salat merupakan tiang agama dan menjadi kadar keimanan seseorang. Salat yang artinya doa menjadi pengharapan manusia atas penciptaNya yaitu Allah SWT. Sehingga dengan kata lain saat salat seseorang juga berdoa kepada Allah.

Sebagaimana firman Allah: “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan – perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah Subhanahu Wa Ta’ala (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat – ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al- Ankabut: 45).

Allah pun berfirman pada ayatnya yang lain: “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)

Kemudian Rasulullah saw. juga bersabda : “Bermula orang yang meninggalkan salat padahal ia dalam keadaan sehat, maka Allah swt. tidak memandang kepadanya dengan pandangan rahmat, dan baginya kelak azab yang amat hebat melainkan kalau ia bertaubat dari perbuatannya itu”

Terdapat tiga bagian orang yang termasuk dalam melalaikan salatnya, yakni :

1. Orang yang menunda salat dari awal waktunya sehingga mengakhirkan sampai waktu yang terakhir dan hampir mau habis.

2. Orang yang tidak melaksanakan rukun salat dan syarat sah wajib salat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah swt. dan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.
Orang yang tidak khusyuk dalam shalat dan tidak memaknai bacaan ketika salat.

3. Selain mendapatkan dosa akibat meninggalkan dan melalaikan salat, orang tersebut juga akan mendapatkan siksa di dunia, ketika sakaratul maut, dan ketika di alam barzah. (islampos.com/Desy)


Komentar