oleh

Umat Islam, Ini 7 Benda yang Terdapat Dalam Kakbah

PortalMadura.Com – Seluruh umat muslim di dunia meyakini Kakbah, yang berada di Masjidil Haram menjadi tempat paling suci. Oleh karena itu, semua muslim berlomba untuk pergi haji atau melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Selain itu, Kakbah merupakan bangunan yang sangat sakral dan menjadi kiblat umat Islam. Namun tidak banyak orang yang tahu, benda apa saja yang terdapat dalam Kakbah. Lantas apa saja benda itu? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lemari Kecil

Ada lemari kecil di tengah ruangan Kakbah. Ini diperuntukan guna menyimpan wewangian Kakbah berupa bunga mawar yang dapat digunakan untuk membersihkan area Kakbah.

Lantai Putih

Lantai yang berbeda motif dengan lantai lain ini biasa dijadikan tempat salat oleh Rasulullah SAW. Saat ini sering digunakan oleh para pemimpin untuk salat sebelum Kakbah dibersihkan.

Tulisan yang Dipahat

Di dekat tempat salat tadi terdapat tulisan yang dipahat. Tulisan ini berisi inti dari keyakinan umat Islam bertuliskan “Lailahaillallah Muhammadarrasulullah”.

Langit-langit Kakbah

Langit-langit Kakbah terbuat dari kayu-kayu terbaik yang dilapisi perak dan dibuat oleh sahabat Abdullah bin Zubair Radhiyallahu anhu yang berusia lebih dari 1.300 tahun. Dari dalam Kakbah juga terlihat kain Kiswah yang menutupi Kakbah serta hiasan indah yang diberikan oleh para khalifah dan raja Islam sepanjang sejarah.

Pintu Tobat

Terdapat pintu yang biasa disebut pintu tobat. Pintu ini digunakan untuk ke lantai atas Kakbah saat pergantian kain kiswah Kakbah.

Kaligrafi di Sebelah Pintu Tobat

Terdapat kaligrafi di sebelah pintu tobat. Kaligrafi ini bertuliskan sejumlah peraturan dalam membersihkan Kakbah.

Tiga Pilar Terbuat dari Kayu Gaharu Terbaik

Ketiga pilar kayu ini dilapisi emas murni lalu berjajar lurus dari utara ke selatan. Berdasarkan literasi yang ditulis oleh Dr Muhammad Syafii Antonio MEc dalam buku ‘Cerdas Haji dan Umrah Mabrur itu Mudah dan Indah’, disebutkan pada awal tahun 2000-an bagian bawah tiga pilar tersebut retak lalu diperbaiki dengan diberi kayu melingkar di sekelilingnya.

Jika kaum Muslimin sangat penasaran dan ingin melihat langsung bagian dalam Kakbah, bisa melihat di Museum Exhibition of The Two Holy Mosques Architecture di Kota Makkah, Arab Saudi. Terdapat replika Kakbah di museum tersebut yang bebas didatangi oleh para jamaah.

Wallahu a’lam bishawab.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar