Umat Islam, Ini 8 Adab Menuju Masjid yang Harus Anda Ketahui

Umat Islam, Ini 8 Adab Menuju Masjid yang Harus Anda Ketahui
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Masjid merupakan tempat beribadahnya umat Islam. Bahkan tidak hanya dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan ibadah kepada Allah SWT, sebenarnya banyak hal dan kegiatan yang bisa dilakukan di sana, seperti sebagai pusat berbagai aktivitas kemaslahatan.

Perlu umat Islam ketahui, bahwa menuju masjid pun ada adab dan keutamaannya, terutama bagi mereka yang melakukan salat berjemaah.

Di antara keutamaan yang dijanjikan bagi orang yang berjalan menuju masjid untuk melaksanakan salat berjemaah adalah tidaklah mereka melangkahkan kakinya kecuali sebagai penghapus dosa dan satu langkah yang lainnya sebagai pengangkat derajat.

Baca Juga: Pemain 2019 Serasa Timnas Indonesia

Keutamaan tersebut hanya didapatkan oleh mereka yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci dan tidaklah dia keluar kecuali untuk salat. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah r.a,: “Barang siapa yang bersuci di rumahnya kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salat fardu, maka kedua langkahnya adalah salah satunya menghapus dosa dan yang lainnya menaikkan derajat,” (HR. Muslim no. 666).

Untuk itu, saat Anda hendak mendatangi masjid, sebaiknya terlebih dahulu Anda melaksanakan adab-adabnya. Selain mengharap rida Allah SWT dan pelaksanaan ibadah di masjid mendapat keberkahan, hal tersebut juga sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah, sehingga jelas akan bernilai ibadah dan termasuk umat yang memuliakan sunah Rasulullah.

Baca Juga:  5 Doa Malam Pertama yang Perlu Pasutri Amalkan

Nah, berikut ini delapan adab menuju masjid:

1. Berangkat ke masjid dalam keadaan telah bersuci.

2. Membaca doa keluar rumah

3. Berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa

4. Membaca doa menuju masjid

5. Memakai pakaian yang layak

6. Masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan

7. Membaca selawat dan salam kepada Rasulullah serta doa ketika hendak masuk masjid

8. Membaca selawat dan salam kepada Rasulullah serta doa ketika hendak keluar masjid. Wallahu A’lam. (islampos.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.