oleh

Umat Islam, Ini 9 Cara Agar Anda Bisa Rajin Salat

PortalMadura.Com – Salat merupakan rukun Islam yang kedua. Ibadah yang satu ini wajib dilaksanakan dan apabila ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Dalam sehari, umat Islam diwajibkan mengerjakan salat lima waktu, yaitu Zuhur, Asar, Magrib, Isya, dan Subuh.

Sayangnya, masih banyak umat Muslim yang sering malas mengerjakan kewajiban ini sehingga memilih untuk meninggalkannya. Padahal, kewajiban melaksanakan salat telah ditegaskan di dalam Alquran, Allah berfirman: “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk” (QS. Al-Baqarah : 43).

Bahkan, perintah kewajiban mendirikan salat banyak sekali disebutkan dalam Alquran. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk melawan kemalasan dalam mendirikan salat.

Berikut sembilan cara yang perlu diketahui Umat Islam agar bisa rajin salat, melansir dari okezone.com, Rabu (7/8/2019):

Pahami Manfaat Salat

Selain sebuah kewajiban, ternyata salat juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Baik itu dari sisi psikologis maupun sisi kesehatan. Jika dilihat dari sisi psikologis, orang yang rajin salat lima waktu akan mendapatkan manfaatnya, antara lain memiliki hati yang tenteram, selalu ingat kepada Allah SWT, terhindar dari pikiran keji, dan selalu sabar serta bersyukur.

Sedangkan dari sisi kesehatan, orang yang rajin salat lima waktu akan memiliki wajah yang bercahaya, bersemangat, dan tubuh yang sehat. Sebaliknya, orang yang tidak mengerjakan salat lima waktu akan memiliki pikiran yang runyam, stres, cemas, emosional, dan sejenisnya. Kondisi psikologis seperti ini tentu bisa merusak daya tahan tubuh.

Pahami Mengapa Anda Wajib Salat Lima Waktu

Anda bisa membaca referensi-referensi yang sudah banyak tersebar. Bisa dari buku-buku atau dari internet dengan sumber yang terpercaya. Selain itu, ingatlah bahwa salat lima waktu merupakan ibadah yang pertama kali dihisab saat Yaumul Hisab (Hari Perhitungan). Dalam agama, salat merupakan tiang agama Islam, kunci surga dan dapat menghapus dosa sehingga jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa besar.

Loading...

Ingatlah bahwa Dunia itu Sementara

Setiap makhluk hidup tidak ada yang kekal di dunia ini, semuanya pasti akan mati. Mereka akan tinggal di akhirat dan hidup kekal di sana. Untuk itu, hal yang bisa Anda bawa atau sebagai bekal kelak hanyalah amalan Anda selama masih hidup.

Dengan mengingat bahwa dunia itu sementara, Anda akan menyadari bahwa Anda harus mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih abadi, yaitu akhirat. Dengan begitu, Anda akan tergerak untuk menunaikan salat lima waktu dan ibadah lainnya.

Baca Juga: Umat Islam, Ini 8 Nilai Salat yang Bisa Jadi Pelajaran

Jangan Menunda Salat

Saat mendengar suara Azan, berhentilah melakukan segala aktivitas dan bersiaplah untuk melaksanakan salat. Jika ditunda-tunda, Anda akan lupa karena kesibukan dunia yang tidak ada habisnya. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa Anda masih hidup saat menunda-nunda salat tersebut.

Lakukan Secara Bertahap agar Menjadi Kebiasaan

Bagi orang yang jarang melaksanakan salat tentu untuk mengubah kebiasaan tersebut sangat berat dan sulit. Hal ini memang membutuhkan waktu yang lama, tergantung individu masing-masing. Anda bisa melakukan salat lima waktu secara bertahap.

Misalnya, hari ini Anda melaksanakan salat Magrib dan Isya. Hari berikutnya, Anda melaksanakan salat Magrib, Isya, dan Zuhur. Keesokan harinya Anda bisa menambah jumlah salat dengan mengerjakan Subuh dan Asar, sehingga Anda akan terbiasa melakukan salat lima waktu setiap hari.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar