oleh

Umat Islam, Ini Keutamaan dan Niat Puasa Arafah

PortalMadura.Com – Memperbanyak melaksanakan sunah-sunah dalam ajaran agama Islam memang dianjurkan. Karena, umat muslim di seluruh dunia akan mendapatkan keistimewaan dan keutamaannya jika melaksanakan dengan baik.

Salah satunya yaitu melaksanakan puasa arafah di bulan Zulhijah. Bulan ke-12 pada tahun Hijriah ini menjadi bulan paling penuh berkah bagi umat Muslim di dunia. Karena, pada bulan ini Anda akan bertemu dengan Hari Raya Idul Adha.

Bagi umat Islam yang mampu bisa berkunjung ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Tapi selain menjalankan ibadah suci tersebut, Anda dianjurkan untuk mendekatkan diri pada-Nya dengan cara berpuasa di hari itu.

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (8/8/2019), dari laman Merdeka.com, ada amalan puasa sunah yang dianjurkan saat Zulhijah. Puasa-puasa sunah tersebut ada tiga jenis, yakni puasa 1-7 Zulhijah, puasa tarwiyah (8 Zulhijah), dan puasa arafah (9 Zulhijah). Pada tanggal 9 (sembilan) Zulhijah itu, orang-orang yang sedang ibadah haji melaksanakan wuquf di Arafah.

Anjuran untuk Menjalankan Puasa Arafah

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa puasa arafah merupakan salah satu puasa sunah yang sangat dianjurkan, khususnya bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.

Loading...

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya…” (HR Abu Daud nomor 2437).

Keutamaan Puasa Arafah

Sisi lain dari puasa arafah ini ternyata memiliki keutamaan yang sangat besar. Oleh karenanya, para ulama memasukkan puasa arafah ini ke dalam puasa sunah yang sangat dianjurkan (muakkad).

Baca Juga : Keutamaan Puasa Arafah yang Perlu Anda Ketahui

Puasa hari arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).

Niat Puasa Arafah

Nah, jika Anda berniat menjalankan puasa arafah, berikut ini niat yang bisa dibaca sebelum menjalankannya.

Nawaitu Shouma Arafata Sunnatan Lillahi Ta’ala“. Artinya: “Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala“.

Demikian anjuran untuk menjalankan puasa arafah, keutamaan berikut juga dengan bacaan niat untuk mengerjakannya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar