Umat Islam, Ini Keutamaan Salat Tarawih Berjemaah yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini Keutamaan Salat Tarawih Berjemaah yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Umat Islam di seluruh penjuru dunia tentu selalu menanti datangnya bulan Ramadan. Selain berpuasa, di bulan suci ini terasa istimewa karena ada banyak ibadah spesial yang disyariatkan, salah satunya adalah salat sunah tarawih.

Salat sunah ini dikerjakan setelah salat Isya, dan bisa dilakukan sendirian atau berjemaah. Adapun jumlah rakaat salat tarawih beragam, ada yang delapan hingga dua puluh rakaat, yang dilanjutkan salat witir dengan jumlah rakaat ganjil. Pada umumnya, orang Indonesia mengerjakan salat witir dalam tiga rakaat.

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, salat tarawih memiliki pahala yang sangat besar. “Barang siapa melakukan salat pada malam di bulan Ramadan atas dasar iman, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu,”.

Perlu Anda ketahui, bahwa kebanyakan ulama mengatakan, salat tarawih lebih baik dilakukan secara berjemaah. Namun, bila dikerjakan sendirian pun tetap sah. Sebab, Rasulullah pernah mengerjakan salat tarawih sendirian. Kala itu beliau khawatir para sahabat akan menganggap salat tarawih wajib dikerjakan secara berjemaah.

Akan tetapi, salat tarawih yang dikerjakan secara berjemaah memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah memberi peluang umat muslim mendapat pahala lebih banyak, memupuk kecintaan terhadap masjid, sarana penambah ilmu, serta menyemarakkan bulan suci Ramadan. Jadi, sebaiknya Anda tidak melewatkan salat tarawih, kecuali ada halangan tertentu. Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.