Umat Islam, Ini yang Paling Menyusahkan dari 3 Jenis Dosa yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Islam, Ini yang Paling Menyusahkan dari 3 Jenis Dosa yang Perlu Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua manusia pasti pernah melakukan dosa, baik kecil maupun besar. Karena sesungguhnya manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa. Apalagi saat berhubungan atau bergaul dengan sesama manusia.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Allah pasti memberi maaf pada hamba-Nya yang bertaubat dn meminta ampun kepadaNya. Karena Allah Maha pemaaf dan pemberi ampun bagi manusi yang benar-benar bertaubat.

Imam Al-Ghazali menjelaskan dalam Minhajul Thalibin bahwa ada tiga macam dosa yang bisa dilakukan manusia. Apa saja? Berikut ulasannya:

Dosa Meninggalkan Perintah Allah
Dosa karena meninggalkan kewajiban-kewajiban yang diperintahkan Tuhan kepada hambanya, seperti shalat, puasa, zakat, kafarat, dan lain-lain.

Dosa-dosa yang Berhubugan dengan Allah
Seperti minum khamar, makan harta riba, judi, dan lain-lain. Sesalilah perbuatan tersebut dan kuatkan hati Anda untuk segera meninggalkannya dan tidak mengulangi dosa yang pernah dilakukan.

Dosa-dosa yang Berhubungan dengan Manusia
Dosa seperti ini yang paling sulit dan menyusahkan. Seperti mencuri harta orang lain, membunuh orang lain, menuduh orang lain berzina, menfitnah orang lain.

Dosa-dosa yang berkaitan dengan manusia tidak cukup hanya sekedar bertaubat kepada Allah, tetapi juga mesti meminta maaf dan keikhlasan dari orang yang pernah disakiti. Karenanya, jangan biasakan menyakiti hati orang lain, karena proses pertaubatannya pun sangat susah.

Begitu pula yang berkaitan dengan urusan harta benda, tidak cukup dengan sekedar taubat, tapi mesti harus mengembalikan harta yang pernah dicuri. Kalau tidak mampu mengembalikan, akuilah perbuatan itu kepada orang yang bersangkutan dan mintalah maaf dan keikhlasannya. (islami.co/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.