Umat Islam, Ketahui Perbedaan Tilawah dengan Ruqyah

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ketahui Perbedaan Tilawah dengan Ruqyah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian masyarakat awam masih saja ada yang menyamakan dengan Alquran. Padahal, keduanya tentu sangat berbeda. Sebab, tilawah Alquran merupakan pembacaan ayat Alquran dengan baik dan indah.

Istilah tilawah ini cenderung ditunjukkan kepada ayat-ayat Alquran karena memiliki makna memercayai dan mengikuti apa yang dibaca, di mana hal ini dapat diaplikasikan kepada Alquran sebagai kitab suci.

Perlu umat Islam ketahui, bahkan dalam bahasa Arab, kata tilawah ini memiliki makna lebih dalam. Ada tilawah dari segi pelafalan dan segi makna. Dari segil pelafalan, tilawah berarti kegiatan membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada.

Sedangkan tilawah segi makna, berarti mengikuti atau taat pada ayat-ayat yang telah dibaca. Setelah dibaca dengan baik dan benar, kemudian dipahami maknanya dengan baik dan ditaati.

Lantas, bagaimana dengan ruqyah?. Ruqyah menurut Islam adalah doa-doa dan bacaan-bacaan ayat Alquran yang mengandung permintaan pertolongan kepada Allah untuk mencegah bala dan juga segala penyakit.

Ruqyah pun dibagi menjadi dua golongan. Golongan ruqyah yang pertama, yaitu ruqyah syar'iyah yang berarti dalam ruqyah ini melakukan pengobatan dengan cara membacakan doa-doa dari bacaan Alquran, tidak cuma didoakan saja melainkan juga berzikir.

Sedangkan ruqyah kedua, yakni Syirkiyah. Ruqyah yang dimaksud dalam hal ini adalah ruqyah yang dilakukan sebagian orang dengan cara tidak membacakan doa dari bacaan Alquran. Biasanya hal seperti ini bisa dibilang praktek dukun, dan yang mereka baca adalah jampi-jampi atau mantra.

Ruqyah semacam ini dilarang dalam syariat. Sebagaimana Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya mantra-mantra, jimat, dan guna-guna adalah syirik” (HR.Abu Dawud dan Ahmad).

Selain itu, tilawah dan ruqyah syar'iyah sekalipun sama-sama membaca Alquran, berbeda di niatnya. Jadi, sekarang umat Islam sudah lebih tahu perbedaannya, bukan?. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.