Umat Islam, Lakukan 3 Hal Ini Agar Niat Salat Lebih Sempurna

Umat Islam, Lakukan 3 Hal Ini Agar Niat Salat Lebih Sempurna
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Niat merupakan sesuatu perkara atau awal dari sebuah perkara yang mendasari kita untuk melakukan suatu hal yang baik ataupun buruk.

Sebagai umat muslim, kita memiliki rutinitas ibadah yang harus kita laksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh dan benar, Salat contohnya.

Dalam Salat, niat menjadi sangat penting dan fundamental, alasannya adalah untuk membedakan jenis salat, apakah termasuk salat fardhu atau sunnah.

Abu Al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan agar niat Salat lebih sempurna maka harus melakukan tiga hal ini:

Pertama, harus mengetahui jenisnya salat, wajib misalnya Dzuhur, Ashar, dan lainnya atau salat sunnah misalnya sunnah qabliyyah, ba’diyyah, serta dilakukan sendirian atau berjamaah. Hal ini bertujuan agar orang salat memahami betul yang ia kerjakan termasuk wajib atau sunnah, serta mengajarkan kepada kita akan pentingnya memetakan sesuatu yang primer, sekunder ataupun tersier dalam rutinitas sehari-hari sehingga kehidupannya tertata dengan rapi.

Baca Juga:  4 Keistimewaan Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Kedua, ketika orang sudah niat bersamaan dengan mengucapkan takbiratul ihram, seseorang harus menyadari bahwa dirinya sedang berhadapan, berkomunikasi dengan Tuhannya yang mengetahui segala gerak-geriknya. Hal ini bertujuan agar menambah kekhusyukan serta merasa rendah dihadapan Rabb-Nya.

Ketiga, dengan adanya niat, seseorang yang sedang berkomunikasi dengan Tuhannya hendaknya mengosongkan hatinya dari segala urusan dunia, mulai pekerjaan, jabatan, keluarga, sehingga hatinya fokus tertuju kepada Sang Maha Kuasa.

Ketika hal itu sudah dilakukan, maka salat yang kita lakukan akan terasa sangat bermakna, dan menambah kedekatan dengan Tuhan kita Allah SWT, serta mampu menghilangkan kesombongan dalam diri kita.

Semoga dengan tips diatas kita dapat meningkatkan kekhusyukan kita saat melakukan ibadah salat baik fardhu maupun sunnah. Semoga bermanfaat guys, Amiin Allahhumma Amiinn.(islami.co/Anek)

Baca Juga:  7 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Wafat

Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.