Umat Musilm, Kenali 5 Jenis Nafsu dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Musilm, Kenali 5 Jenis Nafsu dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia tentu memiliki nafsu yang menjadi dasar atas segala urusan atau perbuatan yang dilakukannya, entah itu perbuatan baik atau perbuatan buruk seperti bahaya nafsu .
dalam islam ialah jisim (bentuk) yang halus yang diciptakan oleh Allah dua ribu tahun sebelum Allah menciptakan jasad . Sedangkan jisim tersebut sebelum berhubungan atau bertemu dengan jasad itu disebut Ruh, dan ketika bertemu atau berhubungan dengan jasad disebut Jenis nafsu dalam islam,

Ruh sebelum mengenal apa apa (selain Allah), Ruh itu selalu Istifadhoh di hadapan Allah tanpa perantara,. Sedangkan Jenis nafsu dalam islam berhubung sudah berkumpul pada jasad lalu bisa mengenal selain Allah, yang menyebabkan lupa dan jauh dengan Allah maka membutuhkan cara mengatasi nafsu syahwat yang besar dan beberapa peringatan (pengobatan) seperti memperberagam dzikir, dan sebagainya.

Nafsu seringkali diidentikkan dengan segala yang buruk seperti emosi atau hasrat yang berhubungan dengan seksual, sebenarnya nafsu itu sangatlah luas dan mencakup hal. Untuk memahaminya lebih lanjut, simak ulasan berikut mengenai Jenis Nafsu dalam Islam beserta penjelasannya.

Amaroh

Jenis nafsu dalam islam yang selalu memerintahkan kejelekan atau dosa yang berulang dalam islam. Allah telah berfirman dalam Al qur'an : Sesungguhnya jenis nafsu dalam islam itu selalu perintah kepada kejelekan.

Lauwamah

Jenis nafsu dalam islam yang selalu menyesali setelah melakukan maksiat atau dosa dengan cara merubah diri menjadi lebih baik. Allah berfirman : “Aku bersumpah demi hari kiamat, dan aku bersumpah dengan Jenis nafsu dalam islam yang amat menyesali dirinya sendiri. ( Artinya: bila ia berbuat kebaikan ia juga menyesal kenapa ia tidak berbuat lebih beragam, apalagi kalau ia berbuat kejahatan )”

Mulhimah

Adalah Jenis nafsu dalam islam yang selalu mendapat ilham supaya menunaikan kebaikan. Allah berfirman: “dan jenis nafsu dalam islam serta penyempurnaannya (ciptaannya). Maka Allah mengilhamkan kepada jenis nafsu dalam islam itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya”.

Mutmainnah

Adalah jenis nafsu dalam islam yang sudah tenang, tentram dan selamat dari karakter karakter madzmumah (tercela). Allah SWT berfirman : Hai jiwa atau jenis nafsu dalam islam yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi di ridhoi Nya.

Rodhiyah

Jenis nafsu dalam islam yang sudah Ridho terhadap semua ketentuan dan kehendak Allah dalam segala hal. Dalam Al qur'an disebutkan . Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas.” yakni ridho dengan semua ketentuan Allah. Atau juga firman Allah : “dan mereka sama ridho dengan ketentuan Allah

yakni orang orang yang mempunyai karakter khosyah atau taqwa kepada Allah mendapat balasan dari Allah, sehingga jiwa atau jenis nafsu dalam islamnya puas dan ridho terhadap semua ketentuan Allah.

Itulah beberapa macam jenis nafsu dalam islam yang harus kita ketahui. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah dari. Semoga bermanfaat.
(dalamislam.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.