Umat Muslim, 5 Amalan Ini Bisa Anda Lakukan Saat Mendengar Azan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, 5 Amalan Ini Bisa Anda Lakukan Saat Mendengar Azan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Azan di dalam agama Islam merupakan suatu panggilan bagi umat muslim untuk memberitahukan masuknya waktu salat. Dengan kata lain, lafad azan yang dikumandangkan oleh muazin (penyeru azan) itu sekaligus mengajak manusia untuk memenuhi panggilannya. Sedangkan Hukum bagi yang menjawab azan adah sunah.

Namun yang seringkali terjadi, saat mendengar suara azan seseorang sedang sibuk dengan semua aktivitasnya sehingga mengabaikannya dan tidak menjawab panggilan itu. Padahal jika dijawab, ada banyak keutamaan yang luar biasa di hari kiamat. Sebagaimana dalam sebuah hadis mengatakan,

Jika kalian mendengar muazin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muazin. Kemudian bersalawatlah untukku. Karena siapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafaatku” (HR. Muslim no. 384).

Lantas, apa yang harus dilakukan saat mendengar suara azan?. Berikut lima amalan yang bisa di lakukan :

1. Mengucapkan Persis seperti yang Diucapkan oleh Muazin.
Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Jika kalian mendengar azan, maka jawablah seperti yang disampaikan muazin”. (Muttafaqun ‘alaihi)
2. Bersalawat untuk Nabi Shalallaahu alaihi wassalam
3. Membaca:  Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa, sebagaimana disebutkan dalam hadits Sa’ad bin Abi Waqqash.
4. Memanjatkan doa sesuai yang diinginkan
5. Minta pada Allah untuk Rasulullah SAW dan keutamaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Jabir bin ‘Abdillah: Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah…

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang ketika (selesai) mendengar adzan berkata: Maka mendapatkan syafaatku pada hari kiamat” (HR Al Bukhari). (ummi-online.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.