Umat Muslim, Begini Tata Cara Salat Gerhana Bulan Total

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Begini Tata Cara Salat Gerhana Bulan Total
Ilustrasi (NU Online)

PortalMadura.Com – Terjadinya gerhana bulan dan matahari merupakan salah satu tanda kebesaran dan keagungan Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk berzikir, beristigfar, salat gerhana dan beramal baik lainnya.

Sehubungan dengan itu, menurut data astronomi, akan terjadi (GBT) pada 31 Januari 2018 yang diperkirakan dapat diamati oleh seluruh wilayah di Indonesia dan negara lainnya.

Untuk itu, bagi umat muslim yang ingin melaksanakan tersebut Anda perlu tahu tata cara yang baik dan benar dalam melaksanakannya. Caranya hampir sama dengan salat sunah Idul Fitri atau Adha. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut tata cara salat gerhana bulan:

1. Niat
Lafadz niat salat gerhana bulan. (“Ushallii Sunnatal Khusuufil-Qamari Rak'ataini Lillahi Ta'alaa“). Artinya: “Saya niat melaksanakan salat sunah Gerhana Bulan dua rakaan karena Allah ta'ala”.

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca do'a iftitah, kemudian berta'awudz dan membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan membaca surat yang panjang.

4. Ruku' dengan memanjangkan ruku'nya.

5. Kemudian bangkit dari ruku' sambil mengucapkan ‘samiallahu liman hamidah, rabbana wa lakal hamd‘ (i'tidal).

6. Setelah i'tidal tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surah Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.

7. Ruku kedua dengan panjang yang lebih pendek dari ruku pertama.

8. Bangkit dari ruku' (i'tidal).

9. Kemudian duduk di antara dua sujud.

10. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama. Hanya saja gerakan dan bacaannya lebih singkat dari yang pertama.

11. Tasyahud.

12. Salam.

13. Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jemaah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristigfar, sedekah dan membebaskan budak.

Perlu Anda ketahui, dalam pelaksanaan salat gerhana bulan bacaan Fatihah dan juga bacaan surah dalam salat tersebut dinyaringkan (dikeraskan). Demikian tata cara salat gerhana bulan, semoga bermanfaat. Wallahu A'lam. (islamianews.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.