Umat Muslim, Ini 3 Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 3 Olahraga Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan aktivitas fisik manusia yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh dan jiwa. Allah SWT sangat menyukai umat-Nya yang senantiasa menjaga dirinya dengan menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, juga teratur berolahraga.

Bahkan,  juga menganjurkan beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh seluruh umat manusia, yaitu memanah, berkuda, dan berenang.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Lantas, apa alasan Rasulullah begitu menganjurkan olahraga tersebut bagi setiap umat Islam?.

Ternyata, dari ketiga olahraga tersebut terdapat beberapa keutamaan sehingga bermanfaat bagi kesehatan raga dan pikiran.

Lewat berkuda, tulang belakang penunggangnya akan mengalami proses pengurutan. Seiring bergeraknya hewan tersebut, maka tulang manusia pun akan bergesekan secara harmoni. Tentu hal tersebut sangat baik bagi syaraf-syaraf tulang.

Sementara itu ketika melakukan olahraga memanah, Maka hal tersebut mampu melatih rasa emosi kita. Memanah memang membutuhkan keseimbangan tubuh dan pikiran, di mana sekali saja pikiran tertekan, maka sulit anak panah untuk tepat mengenai sasaran.

Oleh karena itu, tidak heran jika seorang pemanah akan lebih bersifat sabar dan memiliki mental yang baik. Rasulullah bersabda: “Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu,” (HR Bazzar dan Thabarani).

Adapun berenang akan menguatkan stamina, otot dan tulang rangka, karena semua anggota tubuh bergerak ketika melakukan olahraga tersebut. Selain itu, olahraga ini pun sangat penting ketika harus melintasi sungai ataupun lautan.

Sebisa mungkin, ketiga olahraga tersebut harus umat Islam lakukan. Tidak hanya menguatkan fisik dan mental, namun kita juga telah mengikuti sunah Rasulullah. (kabarmakkah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.