Umat Muslim, Ini 3 Tuntunan dalam Memilih Sahabat yang Baik Menurut Hadis

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 3 Tuntunan dalam Memilih Sahabat yang Baik Menurut Hadis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri. Pasti mereka membutuhkan sahabat untuk berbagi suka dan duka. Rasulullah saja memiliki banyak sahabat yang sangat setia selama hidupnya.

Nah dalam perkara memilih sahabat, Islam sangat peduli dan mengatur umatnya. Sebab menurut Rasulullah, cerminan kepribadian seseorang tercermin dari siapa sahabat-sahabatnya.

Rasulullah bersabda: “Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memerhatikan siapa yang dia jadikan teman” (HR. Abu Dawud : 4833 dan at-Tirmidzi : 2378).

Berdasarkan di atas, maka sudah sepantasnya seorang muslim memilih sahabat yang baik. Maka inilah kriteria dalam memilih sahabat menurut Alquran dan hadis:

Menjaga Ucapannya
Rasulullah bersabda: “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mukmin yang paling baik akhlaknya” (HR. Abu Dawud :4682 dan at-Tirmidzi :1163).

Seorang muslim diperintahkan untuk menjaga perbuatan dan perkatan. Dalam berkata, diperintahkan bicara yang baik dan tidak membicarakan aib orang lain atau bergosip (gibah). Orang yang gibah diibaratkan sebagai orang yang tega memakan daging (bangkai) saudaranya.

Rajin Ibadah dan tidak Berbuat Maksiat
Allah SWT berfirman: “Sabarkanlah dirimu bersama orang-orang yang berdoa kepada Allah, pada waktu pagi dan petang, (yang mereka itu) menginginkan wajah-Nya,” (QS. Al-Kahfi : 28).

Imam Ibnu Katsir r.a, menjelaskan maksud ayat ini yaitu: “Duduklah bersama orang-orang yang mengingat Allah, senang berzikir dan memohon pada-Nya di waktu pagi dan petang di antara hamba-hamba Allah, baik mereka itu orang-orang miskin atau orang-orang kaya, baik mereka itu orang-orang kuat maupun orang-orang yang lemah”.

Menyayangi Sahabatnya
Rasulullah bersabda: “Tidak sempurna iman salah seorang dari kalian sampai dia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri” (HR. al-Bukhari :13, Muslim : 40). Wallahu A'lam. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.