Umat Muslim, Ini 5 Anjuran Sunah Setalah Makan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 5 Anjuran Sunah Setalah Makan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Makan merupakan kebutuhan pokok serta premier yang wajib dan harus dipenuhi kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan makan, kita dapat mengisi energi juga tenaga kita untuk melanjutkan aktifitas seperti biasanya.

Namun, kebiasaan pada umumnya banyak orang setelah makan mereka langsung tidur atau lupa tidak bersyukur atas apa yang telah ia makan di hari itu.

Firman Allah dalam kitab-Nya:

“Hai Rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat tersebut secara tidak langsung menganjurkan manusia untuk memakan makanan yang baik nan halal, serta bersyukur kepada Allah dengan beramal shaleh. Nampak begitu jelas betapa harmonisnya hubungan kebersihan makanan dan kebersihan jiwa. Dimana dengannya, hati dan badannya menjadi baik, demikian pula dunia dan akhiratnya.

Setelah menghabiskan makanan yang baik nan halal, seorang muslim yang ingin megamalkan kabaikan dalam etika setelah makan bisa melakukan beberapan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah. Abu hamid Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menuliskan 5 anjuran Nabi setelah makan sebagai berikut:

Berhenti sebelum kenyang, menjilat jari-jarinya, kemudian mengusapnya dengan sapu tangan dan membasuhnya, memungut sisa-sisa makanan, mencukil sisa makanan dan tidak menelannya kecuali ia mengumpulkannya dengan menggunakan lidahnya, dan berkumur setelah mencukil sisa makanan.

Berhenti sebelum kenyang adalah satu pijakan dimana seseorang memilih untuk tidak berlebihan dalam makan. Tersirat dalam QS Al A’raf ayat 31 bahwa Allah tidak menyukai setiap hamba yang berlebihan. Berhenti sebelum kenyang juga merupakan salah satu sumber kekuatan dalam memulai ibadah kepada Allah. Karena jika kekenyangan akan menimbulkan sifat malas dan lalai, sedangkan kelaparan menyebabkan seseorang lemah untuk beribadah.

Mengusapnya dengan sapu tangan tangan dan membasuhnya, memungut sisa makanan, mencukil sisa makanan yanga mana tidak menelannya hingga terkumpul, serta diakhiri dengan berkumur adalah merupakan sederet anjuran Nabi setelah makan. Rasulullah menganjurkan untuk tetap mengambil makanan yang jatuh, lalu membersihkannya. Yang demikian agar tidak dimakana oleh syaitan. Sebab dalam setiap makanan ada sebuah berkah, yang kita tidak mengetahui dimana letak keberkahan tersebut. Dalam hadisnya beliau bersabda:

“Karena kalian tidak mengetahui di bagian makanan kalian yang manakah keberkahan itu berada.”

Itulah 5 Sunah yang dianjurkan untuk dilakukan setelah makan. Semoga bermanfaat, Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.