Umat Muslim, Ini 7 Golongan Manusia yang Lolos dari Pertanyaan Malaikat di Alam Kubur

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 7 Golongan Manusia yang Lolos dari Pertanyaan Malaikat di Alam Kubur
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai umat muslim, kita tau bahwa kematian atau ajal sudah diatur oleh Allah SWT. Kapanpun dan dimanapun kita tentunya tidak akan pernah mengetahuinya kapan hidup kita akan berakhir. Entah itu muslim yang taat ataupun berdosa, kita tidak akan pernah bisa menghindari yang namanya ajal. Karena di dalam Islam bahwa makhluk yang bernyawa, pasti akan mengalami kematian.

Maka dari itu, semasa kita hidup kita dianjurkan dan diwajibkan untuk selalu taat kepada Allah SWT, mengerjakan segala perintahnya serta menjauhi larangannya. Kita dianjurkan untuk selalu menabung amalan ibadah kita didunia untuk dibawa ke akhirat nanti. Karena bukan materi yang nantinya menjadi bekal kita, melainkan amal ibadah kita, ketakwaan kita semasa hidup kepada Allah SWT. Masya Allah.

Sebagaimana kita tau bahwa saat manusia meninggal di nanti akan ditanya di alam kubur oleh Malaikat.

Berikut ini merupakan 7 golongan manusia yang lolos dari pertanyaan-pertanyaan Malaikat. Mari kita simak.

Imam al-Tirmidzi dalam Nawadirul Ushul, sebagaimana dikutip Ibn Hajar al-Asqalani, meriwayatkan dari Sufyan al-Tsauri demikian:

“Ketika mayat ditanyai (), “Siapa Tuhanmu?” Setan langsung memperlihatkan dirinya pada mayat tersebut dan menunujuk pada dirinya sambil berkata, “Mayat, saya ini Tuhanmu loh” Karena itu, terdapat keterangan mengenai doa komitmen keimanan untuk mayat ketika ditanyai malaikat di alam kubur. Imam al-Tirmidzi pun meriwayatkan hadis dengan sanad yang sahih dari ‘Amr bin Murrah yang mana para sahabat menyunahkan doa untuk mayat saat diletakkan ke dalam liang kubur. Doa tersebut adalah:

Allahumma a‘idzhu minas syaithan (Ya Allah, selamatkanlah dia dari setan)

Terlepas dari hal di atas, menurut Syekh Ibrahim al-Laqqani dalam Hidayatul Murid, syarah Jauharatut Tauhid, ada tujuh orang yang ketika di alam kubur itu tidak ditanyai Malaikat Munkar dan Nakir sebagaimana berikut:

Pertama, orang yang beruzlah atau menyendiri di gua untuk mendekatkan diri pada Allah SWT dalam jangka waktu tertentu. Orang yang seperti ini biasanya adalah orang yang tidak menyukai hiruk pikuk duniawi yang sifatnya sementara.

Kedua, orang yang mati syahid di medan perang untuk mempertahankan keimanannya pada Allah SWT.

Ketiga, orang yang memercayai kebesaran Allah SWT, baik zahir maupun batin.

Keempat, orang yang membaca surah al-Mulk secara istiqomah pada setiap malam.

Kelima, orang yang meninggal sebab busung lapar.

Keenam, orang yang meninggal pada malam Jumat.

Ketujuh, orang yang meninggal sebab bencana alam.

Itulah ketuju golongan manusia yang nantinya akan lolos dari pertanyaan Malaikat di alam kubur menurut Syekh Ibrahim al-Laqqani.

Semoga kita termasuk kedalam hamba yang selalu dilindungi Allah SWT. Semoga bermanfaat, Amiiin Allahhumma Amiin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.