PortalMadura.com

Umat Muslim, Ini 9 Hadis tentang Kesehatan dan Kebersihan yang Perlu Diketahui

  • Rabu, 16 Mei 2018 | 17:00
Umat Muslim, Ini 9 Hadis tentang Kesehatan dan Kebersihan yang Perlu Diketahui
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Kebersihan adalah sebagian dari iman, ungkapan itu menjadi tolak ukur sebesar apa keimanan seseorang. Selain itu, kesehatan juga menjadi perhatian dalam Islam. Karena kebersihan dan kesehatan merupakan pondasi seseorang untuk melakukan ibadah dan hal-hal baik. Salah satu contohnya yaitu berwudhu sebelum melakukan salat.

Ada beberap titik bagian tubuh saat berwudhu yang dibersihkan dengan air, seperti wajah, tangan, kepala, leher, telinga dan kaki. Dari hal itu, sudah jelas jika kebersihan dan kesehatan sangat dianjurkan dilakukan dalam Islam. Sebagaimana beberapa hadis mengenai kesehatan dan kebersihan. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Kebersihan
Pentingnya dalam Islam untuk menjaga kebersihan. Karena dengan kebersihan, lebih mendekatkan seseorang pada kesehatan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Abu Malik Al-Ash’ari mengungkap bahwa Rasulullah bersabda, “Kesucian itu separuh dari iman”.

Menggosok Gigi
Bersiwak atau menggosok gigi bagian dari sunnah. Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah bersabda: “Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (Shohih, HR. An Nasa’i, Ahmad, dll).

Gosok Gigi saat Hendak Salat
Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah bersabda: “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan shalat.” (HR. Bukhari).

Menjaga 5 Fitrah
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Ada lima macam fitrah, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258).

Ibadah Jumat
Pada hari Jumat, umat Islam khususnya laki-laki mengerjakan ibadah salat Jumat. Dalam salah satu hadis, menyebutkan bahwa pentingnya kebersihan,“Apabila seseorang mandi pada hari Jumat, dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya kemudian ia keluar rumah, lantas ia tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian ia mengerjakan salat yang diwajibkan, dan ketika imam berkhutbah, ia pun diam, maka ia akan mendapatkan ampunan antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya”. (HR. Bukhari no. 883).

Jaga Kebersihan Lingkungan
Tidak hanya kebersihan diri sendiri, tetapi juga kebersihan serta keamanan lingkungan sangat ditekankan di dalam Islam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,ia mengatakan, Rasulullah bersabda: ”Setiap persendian manusia ada sedekahnya setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya, kamu mendamaikan di antara dua orang adalah sedekah, kamu membantu seseorang untuk menaikkannya di atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya di atasnya adalah sedekah, kalimat yang baik adalah sedekah, pada tiap-tiap langkah yang kamu tempuh menuju shalat adalah sedekah, dan kamu membuang gangguan dari jalan adalah sedekah.”(HR.al-Bukhari ,no.2989 dan Muslim, no 1009).

Menggunakan Obat untuk Kesembuhan
Hal yang perlu diketahui seorang Muslim ialah Allah menciptakan suatu penyakit dengan menciptakan obatnya pula. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Tetap Kuat dan Sehat
Rasulullah bersabda tentang seorang mukmin (orang beriman kepada Allah) yang kuat: “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. Namun, keduanya tetap memiliki kebaikan. Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah. Jika engkau tertimpa suatu musibah, maka janganlah engkau katakan: ‘Seandainya aku lakukan demikian dan demikian.’ Akan tetapi hendaklah kau katakan: ‘Ini sudah jadi takdir Allah. Setiap apa yang telah Dia kehendaki pasti terjadi.’ Karena perkataan law (seandainya) dapat membuka pintu syaithon”. (HR. Muslim).

Tidak Makan Berlebihan
Makan berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Makan berlebih justru berbahaya bagi tubuh seseorang. Rasulullah bersabda: “Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas”. (okezone.com/Desy)

banner300x250
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional