Umat Muslim, Ini Amalan yang Bisa Menghidupkan Hatimu

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Amalan yang Bisa Menghidupkan Hatimu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hati yang mati merupakan bencana bagi umat muslim. Jika hati manusia mati sudah bagaikan hidup enggan mati pun tak mau. Hidup manusia dengan hatinya yang mati akan terasa seperti tak punya tujuan hidup dan selalu bingung. Berikut ini merupakan amalan yang bisa membuat hati manusia menjadi lebih hidup, mari kita bahas.

Seseorang yang berhasrat untuk terus menghidupkan hatinya, ia akan senantiasa memacu untuk ber-inabah dan tunduk kepada Allah. Karena hatinya senantiasa diajak untuk nikmat dalam mengingat Allah. Dengan mengingatNya, hati menjadi tentram. Untaian ayat indah termaktub dalam Q.S. Ar-Ra’d ayat 28:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Dalam konteks ini, Ibnu Atha’illah menyampaikan kalam hikmah dalam kitabnya:

“Tiada amal yang paling dapat diharapkan dapat menghidupkan hati daripada amal yang kehadirannya hilang darimu dan wujudnya hina di sisimu.”

Beliau mengingatkan bahwa tidak ada amal yang lebih bisa menghidupkan hati manusia kecuali amal yang dilakukan karena Allah, yaitu amal yang tidak lagi dihiraukan keberadaannya oleh sesuatu apa pun. Amal yang ikhlas dilakukan karena Allah. Tidak menganggapnya sebagai amalan istimewa, melainkan hanya amal biasa seorang hamba kepada Tuhannya.

Merujuk penjelasan Syaikh Prof. Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi, kalam hikmah Ibn ‘Athaillah di atas berdasarkan firman Allah dalam Q.S. Al-Mu’minun ayat 60:

“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan sementara hatinya penuh rasa takut (karena tahu) bahwa mereka akan kembali kepada Tuhannya.”

Mereka inilah orang-orang yang selalu diliputi rasa ketakutan terhadap Allah karena merasa amal-amalnya tidak ada yang sempurna, banyak cacat dan kurangnya. Mereka sangat khawatir amalnya tidak diterima dan justru khawatir akan mendapatkan siksa karenanya.

Hal ini menyimpulkan bahwa amal yang dapat menghidupkan hati seseorang adalah amal yang ikhlas dikerjakan karena Allah. Amal yang tidak lagi dihitung sebagai sesuatu yang berharga, melainkan hal biasa dalam kehidupan. Amal seperti itulah yang berpotensi untuk menghidupkan hati, Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.