Umat Muslim, Ini Dia Sunnah yang Sering Terlupakan

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Dia Sunnah yang Sering Terlupakan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Islam adalah agama yang sempurna. Islam adalah agama yang terbaik, Setiap hal dalam kehidupan ini sekecil apapun bentuknya-telah diatur melalui Al-Quran dan Sunnah-Nya. Namun, seringkali kita lalai dan melupakan beberapa sunnah dalam beraktivitas. Padahal semua aktivitas kita tidak pernah luput dari pengawasan Allah SWT.

Beriku ini merupakan Sunnah-sunnah yang sering dilalaikan atau terlupakan misalnya;

Masuk toilet menggunakan kaki kiri dan keluar menggunakan kaki kanan.

Namun ada juga yang masih menggunakan kaki kanannya ketika masuk toilet. Parahnya tidak berdo’a terlebih dahulu.

Masuk masjid menggunakan kaki kanan dan keluar menggunakan kaki kiri

Kebalikan saat kita masuk ke toilet. Masjid adalah tempat ibadah untuk menghadap Allah SWT. Sepantasnya kita menghormati tempat itu.

Menutup mulut saat menguap.

Pernahkah Anda melihat ada orang menguap dan tidak menutupnya? Jika pernah, apa yang Anda rasakan? Mungkin kita akan merasa ilfeel. Menguap selain tidak sopan kalau dilihat, juga memberikan kesempatan kepada setan untuk masuk ke dalam tubuh. Maka, Rasulullah SAW pun menganjurkan agar kita menutup mulut saat menguap.

Mengucapkan “Alhamdulillah” sehabis bersin.

Bersin menjadi sarana untuk mengeluarkan kotoran dari hidung kita. Nah, karena kotoran itu telah keluar, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan mengucap “Alhamdulillah”.

Membaca doa ketika keluar rumah atau hendak bepergian.

Sebelum keluar rumah pun, kita dianjurkan membaca do’a, menyerahkan segala urusan yang akan terjadi kepada Yang Maha Kuasa, memohon perlindungan-Nya. Karena kita sebagai manusia tidak bisa berbuat apa-apa tanpa-Nya.

Itulah sunnah sunnah yang seringkali kita lalai untuk melakukannya. Manusia memang tempat salah dan dosa. Hal sesederhana itupun kadang kita berat untuk melakukannya. Maka dari itu, Semoga kita sebagai umat muslim diberikan keuatan untuk selalu melaksanakan perintah Allah SWT serta Sunnah-sunnahnya. Mari kita hilangkan rasa malas yang bisa mendatangkan petaka pada diri kita. Semoga bermanfaat, Amin. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.