oleh

Umat Muslim, Ini Hukum Mengucapkan Selamat Tahun Baru

PortalMadura.Com – Mengucapkan Selamat Tahun Baru kepada teman, keluarga, pasangan, sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk melakukannya. Kalimat ini keluar secara spontan ketika menjelang tahun baru. Biasanya kalimat ini diiringi dengan doa dan harapan agar karir ataupun amal di tahun berikutnya lebih baik daripada tahun lalu.

Kebiasaan semacam ini bukanlah sesuatu yang baru (bidah). Perihal ini sudah ada sejak dulu kala. Orang dulu juga terbiasa menyapa koleganya dengan “Selamat Tahun Baru” menjelang Tahun baru datang. Meskipun tak dipungkiri, sebagian orang menafikan kebolehannya dan mengategorikannya sebagai perbuatan terlarang.

Terkait permasalahan ini, Imam As-Suyuthi dalam al-Hawi lil Fatawa menuturkan sebagai berikut.

Al-Hafidz Abu Hasan al-Maqdisi ditanya tentang hukum mengucapkan “Selamat Bulan baru dan Tahun baru”, apakah bidah atau tidak? Ia menjawab, “Banyak orang berbeda pendapat mengenai hal ini. Menurut pendapat saya, hukumnya adalah mubah, tidak termasuk sunah ataupun bidah.”

Memberi ucapan selamat Tahun baru terbilang masalah khilafiyah. Hukumnya masih diperdebatkan oleh para ulama. Karenanya, dibutuhkan kearifan dalam menyikapinya. Menurut Abu Hasan al-Maqdisi, seperti yang dinukil as-Suyuthi, hukumnya ialah mubah. Ia tidak termasuk perbuatan yang disunahkan dan tidak pula bidah.

Siapapun diperbolehkan mengucapakan kalimat ini. Terlebih lagi, bila ucapan tersebut dapat menambah keakraban di antara Masyarakat. Orang yang sudah sekian lama tidak bertegur sapa, bisa jadi dengan adanya momen Tahun baru, ucapan selamat bisa menjadi media baginya untuk berkomunikasi kembali.

Itulah bagaimana Islam menanggapi persoalan tentang mengucapkan Selamat Tahun Baru. Jadi, kita sebagai umat muslim jangan lah sembarangan menghakimi orang karena mengucapkan Selamat Tahun Baru. Cukup lah kita tumbuhkan rasa toleransi terhadap sesama agar tercipta lingkungan yang damai tanpa perpecahan. Semoga bermanfaat. Amiin. (islami.co/Anek)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...