Umat Muslim, Ini Keistimewaan Hari Senin

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Keistimewaan Hari Senin
ilustrasi

PortalMadura.Com – Senin adalah hari yang awal dari satu minggu lamanya hari.Seringkali orang-orang mengeluh ketika hari Senin tiba, karena mereka harus memulai aktifitas kembali setelah berlibur di akhir pekan.

Seorang muslim hendaklah tidak mencela hari senin, karena Senin adalah hari yang istimewa. Banyak peristiwa yang dialami Rasulullah Saw terjadi pada hari Senin. Dalam hadis riwayat Ahmad, Ibnu Abbas berkata “Nabi Saw dilahirkan pada hari Senin, diangkat menjadi nabi pada hari Senin, meninggal dunia pada hari Senin, keluar untuk hijrah ke Madinah pada hari Senin, sampai di Madinah pada hari Senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin.

“Begitu istimewanya hari Senin di mata Rasulullah Saw, hingga beliau selalu berpuasa di hari itu. Ketika beliau ditanya mengenai puasa Senin, beliau pun menjawab “Pada hari itu aku dilahirkan dan pada hari itu pula wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim)

Di samping itu, ada pula beberapa keistimewaan lainnya, diantaranya:

Dosa-dosa diampuni

Pada hari Senin dosa-dosa akan diampuni, yakni bagi orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan apapun, juga orang yang tidak saling membenci saudaranya. Oleh karenanya, hendaklah memperbanyak istigfar dan menjauhkan diri dari permusuhan.

Imam Muslim dalam Shahihnya meriwayatkan dari jalur Abu Hurairah:

Dari Abu Hurairah, Sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan. Lalu dikatakan “Tangguhkanlah dua orang ini hinga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai! Tangguhkanlah dua orang ini hingga mereka berdamai!”

Amal perbuatan diperlihatkan kepada Allah

Salah satu adalah pada hari itu amal perbuatan diperlihatkan kepada Allah Swt, sehingga Rasulullah Saw pun membiasakan puasa pada Senin dan Kamis, karena beliau suka apabila amal perbuatannya diperlihatkan saat sedang berpuasa.

Dalam hadis riwayat Ahmad, Qudamah bin Madz'un pernah bertanya kepada Usamah bin Zaid “Mengapa engkau berpuasa pada Senin dan Kamis, padahal engkau adalah orang yang lemah dan telah lanjut usia?”

Usamah menjawab “Sesungguhnya Rasulullah Saw senantiasa berpuasa Senin dan Kamis, lalu beliau ditanya mengenai hal itu, maka beliau menjawab “Sesungguhnya seluruh amalan manusia akan diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis”.

Sebagaimana Rasulullah Saw yang menyukai amalannya diperlihatkan saat berpuasa, seorang muslim hendaknya memperbanyak ibadah pula di hari Senin, salah satunya dengan bekerja. Bekerja tentunya dapat bernilai ibadah jika diniatkan untuk Allah Swt.

Para Nabi juga bekerja, Nabi Muhammad Saw terkenal dengan kepiawaiannya dalam berdagang, bahkan Nabi Daud As juga giat bekerja dan makan dari hasil usahanya sendiri. Rasulullah Saw bersabda

“Tidak ada seseorang yang makan makanan yang lebih baik dari hasil usahanya sendiri. Dan Sesungguhnya Nabiyullah Daud As makan dari hasil usahanya sendiri” (HR Bukhari)

Hari Senin adalah hari untuk bepergian

Maka hendaklah seorang muslim bersemangat untuk pergi bekerja, bergembira dengan kedatangan hari Senin, bukan mengeluh dan bermalas-malasan. Pekerjaan sebaiknya dimulai sepagi mungkin, karena Rasulullah Saw mendoakan keberkahan bagi umatnya di waktu pagi.

Rasulullah Saw bersabda “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya” (HR Ibnu Majah).

Itulah keistimewaan yang ada pada hari senin. Jadi, kita sebagai umat muslim janganlah mengeluh saat hari senin itu tiba. nikmati dan jalani saja, Insya Allah aktifitas dan hari yang kita jalani berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat, Amin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.