PortalMadura.com

Umat Muslim, Ini Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Muharam yang Perlu Anda Ketahui

  • Kamis, 21 September 2017 | 17:00
Umat Muslim, Ini Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Muharam yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan Muharam merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah dan Rasulullah serta para sahabat yang mengagungkannya. Bulan yang lebih dikenal masyarakat Jawa dengan nama bulan Suro ini menjadi bulan pertama dalam kalender hijriyah.

Biasanya, masyarakat awam menganggap bahwa bulan ini sebagai bulan yang mendatangkan bala (bencana) bagi kehidupan seseorang. Padahal, bulan Muharam memiliki keagungan yang sangat tinggi dalam Alquran dan as-Sunah.

Oleh karena itu, sudah seharusnya umat Islam juga mengagungkan bulan ini dengan meningkatkan ibadah dan amal salih, baik secara kuantitas dan kualitas.

Di dalam syariat Islam telah dijelaskan kemuliaan atau keagungan bulan Muharam. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Umat Muslim Waspada! Ini 6 Hadis Daif Seputar Bulan Muharam
Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. AT Taubah: 36).

Empat bulan suci tersebut adalah bulan Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya :

Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram, yaitu 3 bulan berturut-turut, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram serta Rajab yang berada di antara bulan jumada dan sya’ban” (HR. Bukhari no 2958).

Baca Juga:  Hujan Tak Kunjung Datang, Warga Pamekasan Gelar Tradisi Okol
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional