Umat Muslim, Ini Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Muharam yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Keutamaan dan Kemuliaan Bulan Muharam yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah dan Rasulullah serta para sahabat yang mengagungkannya. Bulan yang lebih dikenal masyarakat Jawa dengan nama bulan Suro ini menjadi bulan pertama dalam kalender hijriyah.

Biasanya, masyarakat awam menganggap bahwa bulan ini sebagai bulan yang mendatangkan bala (bencana) bagi kehidupan seseorang. Padahal, bulan Muharam memiliki keagungan yang sangat tinggi dalam Alquran dan as-Sunah.

Oleh karena itu, sudah seharusnya umat Islam juga mengagungkan bulan ini dengan meningkatkan ibadah dan amal salih, baik secara kuantitas dan kualitas.

Di dalam syariat Islam telah dijelaskan kemuliaan atau keagungan bulan Muharam. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. AT Taubah: 36).

Empat bulan suci tersebut adalah bulan Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya :

Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada 4 bulan haram, yaitu 3 bulan berturut-turut, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram serta Rajab yang berada di antara bulan jumada dan sya'ban” (HR. Bukhari no 2958).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.