oleh

Umat Muslim, Ini Larangan Makan Sambil Bersandar Menurut Islam

PortalMadura.Com – Setiap harinya manusia melakukan berbagai aktivitas guna memenuhi kebutuhannya. Salah satu aktivitas penting yang ia lakukan adalah makan dan minum untuk mencukupi kebutuhan jasmani.

Hampir setiap aktivitas manusia memiliki aturan tersendiri, termasuk makan dan minum. Islam menyebut aturan untuk makan dan minum dengan istilah adab atau etika makan dan minum. Cara makan yang tidak disukai adalah makan sambil bersandar. Cara makan seperti ini termasuk cara makan orang yang lahap sehingga tidak disukai atau dinilai makruh. Jika demikian, maka sudah sepantasnya kita menghindarinya.

Ada pula yang mengatakan bersandar sebagai cara duduk yang condong pada satu sisi. Ada juga yang menyatakan bersandar dengan tangan kiri yang diletakkan di lantai. Berdasarkan pernyataan ini, duduk bersandar ketika makan mencakup semua bentuk duduk yang menggunakan bagian tubuh lain sebagai tumpuan, sehingga condong pada satu sisi.

Duduk bersandar memang terkesan memberikan kenyamanan tidak terkecuali ketika makan. Namun, terdapat hadis yang mengisyaratkan larangan makan sambil bersandar menurut Islam. Abu Juhaifah menerangkan saat ia berada dekat Rasulullah SAW, Rasulullah SAW berkata pada orang yang berada dekat beliau, “Aku tidak makan dalam keadaan bersandar.” (HR. Bukhari: 5339).

Berdasarkan hadis ini, duduk bersandar ketika makan tidak termasuk cara makan Rasulullah SAW. Hukum makan dengan cara bersandar termasuk kategori makruh. Bersandar saat makan dibolehkan bagi seseorang yang tidak memungkinkan makan dengan posisi tegak, misalnya orang yang sedang udzur (sakit).

Dari Anas r.a berkata, “Aku pernah melihat Rasulullah SAW dalam keadaan duduk iq’a (duduk di atas tumit dengan menegakkan betisnya) sambil memakan kurma.” (HR. Muslim: 2044 dan Abu Dawud: 3771).

Sistem pencernaan tubuh dengan ini akan bekerja dengan baik dan terhindar dari gangguan pencernaan yang mungkin muncul akibat makan dan minum sambil bersandar atau makan dan minum sambil berdiri.

Itulah penjelasan mengenai larangan makan sambil bersandar menurut Islam. Semoga bermanfaat dan membuat kita semakin sadar bahwa contoh yang diberikan Rasulullah SAW dalam hal makan merupakan gaya hidup sehat Rasulullah SAW yang perlu kita ikuti.(DalamIslam.Com/Nurul)


Komentar