oleh

Umat Muslim, Jangan Biarkan Tetangga Kita Kelaparan

PortallMadura.Com – Sebagai manusia, sudah semestinya kita menjadi makhluk sosial yang baik. Bagaimanapun manusia tidak hidup sendiri didunia ini, dan sudah pasti kita masih membutuhkan bantuan manusia yang lainnya.

Maka dari itu, Allah mewajibkan kita untuk menjadi manusia yang peduli satu sama lainnya. Baik kepada orang tua, saudara, tetangga, atau saudara sesama muslim lainnya. Jangan sampai kita menanamkan sifat ketidak pedulian atau acuh tak acuh terhadap siapapun. Saling tolong menolong itu kewajiban kita sebagai umat muslim, terlebih kepada tetangga kita atau orang yang tinggalnya berdekatan dengan kita.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadisnya:

“Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya “

Dengan demikian, Islam memang telah mengatur hubungan antar sesama manusia, dengan pola interaksi yang mengedepankan nilai-nilai luhur, sehingga hubungan dan komunkasi antar tetangga tetap terjalin baik dan harmonis. Anjuran berbuat baik terhadap tetangga juga sangat ditekankan oleh Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadisnya, beliau mempertegas perintah memuliakan tetangga yang dikaitkan secara langsung dengan iman seseorang. Jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berbuat baiklah kepada tetangga.

Salah satu bentuk adab antar tetangga aalah tidak membiarkannya kelaparan ketika kita kenyang dengan santapan lezat di meja makan. Bersedekah kepada tetangga jika membutuhkan sangat ditekankan oleh Rasulullah. Beliau menganjurkan kepada muslim jika memasak sayur, maka perbanyaklah sayurnya. Yang demikian agar tetap bisa berbagi dengan tetangga teredekatmya, yakni bisa memberikan sebagiannya kepada tetangga dengan cara yang baik.

Islam melarang kita untuk membiarkan tetangga dalam kondisi kelaparan. Rasulullah mengabarkan kepada kita ancaman terhadap orang yang enggan dan lalai dalam berbuat baik terhadap tetangga. Beliau bersabda:

Rasulullah bersabda:

“Tidaklah beriman kepada-Ku orang yang tidur dalam keadaan kenyang. Sedang tetangganya kelaparan sampai ke lambungnya. Padahal ia (orang yang kenyang) mengetahui.”

Itulah penjelasan tentang larangan kita untuk melihat tetangga kita kelaparan. Jadi, tetaplah menjadi orang yang selalu membantu dan memberi manfaat bagi orang lain ya. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.

 

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar