Umat Muslim, Ketahui Fadilah Baca Tasbih dan Tahmid

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ketahui Fadilah Baca Tasbih dan Tahmid
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu amalan yang harus diketahui dan diamalkan oleh seorang muslim yakni dengan membaca zikir-zikir seperti tasbih dan tahmid. Tasbih sendiri merupakan ucapkan subhanallah (Maha Suci Allah), sedangkan tahmid adalah ucapan “Alhamdulillahi Rabil Alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam). Berikut ini adalah fadilah membaca tasbih dan tahmid.

Quraish Shihab menuturkan bahwa Tasbih mengandung makna penyucian dan penafian Allah SWT dari sifat ketidaksempurnaan; sedangkan tahmid mengandung makna penetapan terhadap kesempurnaan Allah SWT.

Oleh sebab itu, tak heran bila sering diketahui dan mendapati banyak orang berzikir dengan menggabungkan dua kalimat ini. Hal tersebut telah disebutkan dalam Al-Quran Surat as-Shaffat [37]: 180-182.

“Mahasuci Tuhan pemelihara kamu, Tuhan pemilik kemuliaan dari apa yang mereka sifatkan. Dan salam (dilimpahkan) atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”

Rasulullah SAW pernah bersabda, ada dua kalimat yang ringan namun timbangan pahalanya sangat berat, yaitu tasbih yang disertai tahmid.

“Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda: “Ada dua kalimat yang ringat saat diucapkan, namun berat dalam timbangan (di akherat) dan sangat dicintai oleh Allah SWT yang Maha Pengasih, yaitu: Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan, dalam hadis riwayat Abu Hurairah yang lain disebutkan fadilah membaca tasbih dan tahmid.

“Siapa yang mengucap ‘Subhanallah wa bihamdihi” seratus kali dalam sehari, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Nasai dan Ibn Majjah)

Baca Juga:  Tundukkan PSS Sleman di Laga Perdana Piala Presiden 2019

Selain diampuni dosa-dosanya, faedah atau keutamaan membaca tasbih dan tahmid ini juga dapat menambah rizki. Hal tersebut seperti disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari Muslim:

“Nabi Nuh AS berwasiat kepada puteranya, “Aku berwasiat kepadamu (agar engkau senantiasa) mengucapkan tasbih dan tahmid, karena dua kalimat itu adalah shalatnya para nabi, dan dengan kedua kalimat itu pula mereka dikaruniai rizki,” (HR. Muslim).

Demikian mengenai fadilah membaca kalimat tasbih dan tahmid. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.