oleh

Umat Muslim, Ketahui Keutamaan Baca Tasbih 100 Kali Saat Pagi dan Petang

PortalMadura.Com – Membaca tasbih atau zikir merupakan salah satu perbutan yang sangat disenangi Allah SWT. Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca tasbih 100 kali setiap hari, seperti yang telah dijelaskan dalam hadis berikut.

Dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash dimana ia menceritakan sebuah hadis dari ayahnya, ia berkata, “Ketika itu kami bersama Rasulullah Saw, kemudian beliau bersabda, ‘Mampukan kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan?’ bertanya seseorang dari tempat ia duduk, ‘Bagaimana bisa salah satu dari kita melakukan seribu kebaikan?’ Lalu Nabi menjawab, ‘Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim&Tirmizi)

Menurut Imam Tirmizi, kualitas hadis di atas Hasan Shahih. Maksudnya sanad hadis tersebut hasan menurut suatu kaum dan shahih menurut penilaian kaum yang lain, atau jika hadis di atas memiliki banyak jalur sanad, maka hadis tersebut hasan berdasarkan satu jalur sanad dan shahih berdasarkan sanad yang lainnya.

Sedangkan Al-Qari’ dalam Mirqatul Mafatih menjelaskan bahwa satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan merupakan kelipatan yang paling minimal yang dijanjikan Allah dalam Alquran.

Loading...

Allah berfirman, “Barang siapa yang melakukan amal kebaikan maka baginya pahala seperti sepuluh kali melakukan kebaikan (Qs. al-An’am: 160), karena sesungguhnya Allah maka melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang dikendakinya (QS. al-Baqarah; 261).

Baca Juga: Umat Muslim, Ketahui Fadilah Baca Tasbih dan Tahmid

Sehingga barang siapa bertasbih seratus kali berarti ia diberkati seribu pahala semisalnya. Dalam riwayat Muslim lainnya juga disebutkan,

“Siapa yang membaca di waktu pagi dan sore, ‘Subhanallah wa bihamdihi’ seratus kali, maka tidak ada seorangpun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim)

Berdasarkan hadis di atas, setiap muslim minimal dianjurkan bertasbih seratus kali dalam sehari. Adapun setiap orang yang mampu membaca lebih dari itu akan mendapatkan pahala yang lebih baik lagi sebagaimana yang Allah janjikan lewat Rasul-Nya, Muhammad Saw. Wallahu’alam.

Itulah keutamaan membaca tasbih 100 kali dalam sehari. Semoga bermanfaat.


Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : bincangsyariah.com

Komentar