Umat Muslim, Sebaiknya Anda Makan Sebelum Salat Ied Menurut Tuntunan Rasulullah

  • Bagikan
anjuran Rasulullah sebelum salat idul fitri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hari Raya Idul Fitri 1438 H sudah di depan mata, takbir sebentar lagi berkumandang. Semua umat Islam bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan. Lantas, bagaimana tuntunan Rasulullah yang perlu umat muslim lakukan di hari fitri itu?.

Dari Anas r.a, ia berkata: “Rasulullah tidak pergi (ke tanah lapang) pada hari Idul Fitri hingga beliau makan beberapa butir kurma” (HR. Bukhari 953, Tirmidzi 543, Ibnu Majah 1754 dan Ahmad 3/125, 164, 232).

Maksud hadis di atas, umat Islam dianjurkan makan sebelum salat Idul Fitri, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah adalah agar tidak disangka bahwa hari itu masih hari berpuasa. (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1: 602). Mengapa demikian?.

Pasalnya, saat Hari Raya Idul Fitri merupakan hari diharamkannya berpuasa. Sehingga, umat muslim dianjurkan untuk makan supaya dapat membedakan dengan kebiasaan berpuasa yang sudah dijalani selama satu bulan penuh.

“Idul Fitri merupakan hari diharamkannya berpuasa setelah sebulan penuh diwajibkan. Sehingga dianjurkan untuk bersegera berbuka agar semangat melakukan ketaatan kepada Allah SWT dan perintah makan pada Idul Fitri (sebelum salat ‘ied) adalah untuk membedakan kebiasaannya berpuasa. Sedangkan untuk hari raya Idul Adha berbeda. Karena pada hari Idul Adha disyari’atkan memakan dari hasil qurban. Jadinya, kita dianjurkan tidak makan sebelum salat ‘ied dan nantinya menyantap hasil sembelihan tersebut” (Al Mughni, 2: 228). Wallahu A’lam. (okezone.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.