Umat Muslim, Tidak Cukup Menjadi Orang Baik Ini Pembahasannya dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Tidak Cukup Menjadi Orang Baik Ini Pembahasannya dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com (Shalih) mempunyai perbedaan dengan orang (Mushlih). Orang baik biasanya melakukan kebaikan untuk dirinya saja, sedangkan orang penyeru kebaikan adalah orang yang senantiasa mengerjakan kebaikan untuk dirinya dan orang lain.

Perlu kita pahami, konsekuensi menjadi orang baik berbeda dengan orang penyeru kebaikan. Yang menyeru kebaikan biasanya akan banyak yang memusuhi.

Hal ini bisa kita lihat dari perjalanan hidup Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Beliau sebelum diutus, dicintai oleh kaumnya karena beliau adalah orang baik. Namun ketika Allah Azza Wajalla mengutusnya sebagai penyeru kebaikan, kaumnya langsung memusuhinya dengan menggelarinya tukang sihir, pendusta bahkan orang gila.

Mengapa bisa seperti itu?

Jawabannya karena Penyeru Kebaikan ‘menyikat' batu besar nafsu angkara dan memperbaikinya dari kerusakan. Karena melalui penyeru Kebaikan itulah Allah jaga umat ini. Sedang orang baik hanya cukup menjaga dirinya sendiri.

Allah Subhanahu wa ta'alaa berfirman:

“Dan tidaklah Tuhanmu membinasakan satu Negeri dengan zalim padahal penduduknya adalah penyeru kebaikan.”

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil hikmahnya bahwa menjadi orang sholih saja tidak cukup bagi kita, sebab kita hidup di dunia ini tidak sendiri. Maka lihatlah kondisi sekitar Anda . Jadilah orang sholih yang menyeru kebaikan, jangan merasa puas hanya sebagai orang baik saja. Semoga Allah memberikan kita perlindungan dari orang-orang yang hendak mencelakai kita. Sebagai umat muslim sudahlah menjadi kewajiban kita untuk menyebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya. Semoga bermanfaat, Amin. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.