Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 4 Keutamaan Surah Al Mulk

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Al Mulk merupakan salah satu surah dalam Alquran yang memiliki keistimewaan. Surah ke-67 dalam Alquran ini berisi 30 ayat dan termasuk ke dalam surah Makiyah yang berisi tentang kekuasaan Allah terhadap makhluk ciptaanNya.

Selain itu, ternyata membaca surah Al Mulk ini memiliki fadilah (keutamaan) yang sangat besar.

Salah satunya dari Ibnu Abbas r.a, beliau berkata: Sebagian sahabat Rasulullah pernah mendirikan sebuah kemah di atas kuburan. Namun, mereka tidak menyangka bahwa tanah itu adalah kuburan. Tiba-tiba terdengar dari dalam kuburan, ada seseorang yang sedang membaca surah Al Mulk hingga selesai. Kemudian, sahabat mendatangi Rasulullah dan memberitahukannya kepada beliau.

Lalu Rasulullah bersabda: “Surah Al Mulk adalah Munjiyah (penyelamat) dan Mani’ah (penghalang) yang dapat menyelamatkannya dari siksa kubur“. Oleh sebab itu, banyak manfaat yang akan didapat umat Islam dari membaca Surah Al Mulk.

Berikut empat fadilah membaca Surah Al Mulk:

Diampuni Dosanya
Dari Abu Huroiroh, Rasulullah bersabda: “Ada surah dari Alquran yang terdiri dari 30 ayat. Surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya).

Dihindarkan dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka
Keutamaan kedua yang dapat diperoleh dari membaca surah Al Mulk adalah dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah azza wajalla menghindarkannya dari siksa kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah (masih hidup) menamainya “al Mani’ah” (penghindar/penghalang).

Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim).

Melihat keterangan hadis tersebut tentu Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa memperbanyak membaca surah Al Mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur dan siksa neraka.

Menjauhkan Diri dari Maksiat
Dalam surah Al Mulk disebutkan, bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat.
Sebagaimana dalam firman Allah SWT: “Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi- sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” (QS Al Mulk : 12)

Pada intinya, orang yang berima itu taat pada Allah meskipun di kesunyian dan takut berbuat maksiat kepada Allah. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di, Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan. Sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian.

Menjadikan Anda Sebagai Orang yang Bertawakal
Dalam Surah Al Mulk ayat 15, Allah SWT mengisyaratkan tentang perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang, bertani, dsb.

Hal ini menunjukan bahwa tawakal bukan hanya berserah diri kepada Allah melainkan bekerja dan berusaha. Sebagaimana firman Allah: “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya”.

Dijelaskan pula oleh Sahl At Tutsuri: “Barangsiapa yang mencela usaha(meninggalkan sebab) maka dia telah mencela ketentuan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Barangsiapa yang mencela tawakkal maka dia telah meninggalkan keimanan. Tawakal juga membuat kita kuat dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah”. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.