Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Sedekah untuk Diri Anda Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Sedekah untuk Diri Anda Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai seorang muslim, Anda diperintahkan untuk saling berbagi kepada sesama. Salah satu caranya adalah dengan bersedekah. Hal ini menjadi salah satu amalan kebaikan yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Sang Nabi terakhir ini menganjurkan umat muslim untuk senantiasa bersedekah dengan memberikan apa yang dimiliki meskipun hanya sebiji kurma, dan harus dilakukan dengan ikhlas serta hanya mengharap rida dari-Nya. Selain itu, dianjurkan pula untuk bisa bersedekah pada banyak orang.

Bahkan, bersedekah pada kerabat yang Anda benci atau memusuhi Anda sekalipun, hal itu adalah termasuk yang utama karena bisa sekaligus menyambung silaturahmi.

Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan” (HR. Ahmad dan Thabrani).

Nah, ternyata banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa Anda rasakan dari bersedekah. Berikut ini penjelasannya:

Menyembuhkan Penyakit
Benarkah sedekah dapat menyembuhkan diri Anda dari penyakit?.
Rasulullah bersabd: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana,” (H.R. Ath-Thabrani).

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami').

Menurut penelitian yang dilakukan Prof. David M Clelland, ditemukan hasil bahwa dengan melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain seperti bersedekah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini menyebabkan tubuh lebih kuat menghadapi penyakit. Maka, perbanyaklah bersedekah untuk menyehatkan diri Anda.

Memberi Rasa Bahagia
Siapa yang lebih bahagia?. Orang yang menerima sedekah, atau justru yang memberi sedekah?. Hal ini, tentu saja orang yang memberi sedekah akan lebih berbahagia.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013, ditemukan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stres.

Selain itu, dalam bukunya, Allan Luks, mengatakan bahwa dengan menolong orang lain akan meringankan rasa sakit Anda sendiri, mengurangi stres, dan memberi rasa bahagia.

Bahkan, dengan memberikan bantuan secara sukarela akan meningkatkan produksi hormon endorfin, hal itu baik untuk kesehatan jiwa Anda. Penelitian yang dilakukan Allan Luks ini melibatkan 3000 sukarelawan, dan 90%-nya merasakan betul manfaat berbagi dengan orang lain.

Memperpanjang Usia dan Meringankan Sakaratul Maut
Rasulullah bersabda: “Sedekah dari seorang Muslim menigkatkan (hartanya) di masa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), serta melauinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97).

Mendekatkan Pada Terkabulnya Hajat
“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya,” (Hadist Qudsi).

Menolak Bencana
Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan: “Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut…”.

Hadis lainnya: “Bersegeralah bersedekah! Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah”.

Menambah Rezeki
Rasulullah pernah bersabda: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah,” (HR. Al-Baihaqi).

Dalam hadis lain yang dinarasikan oleh Abu Hurairah r.a, Rasulullah pernah bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun, sala satunya berkata: “Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq,” Sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata: “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya),” (H.R. Bukhari – Muslim).

Mendapat Naungan di Hari Kiamat
Rasulullah bersabda: “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya,” (HR. Ahmad). Dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia”.

“Nabi pernah menyebutkan bahwa ada tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat, salah satunya yaitu seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya” (HR. Bukhari Muslim).

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya,” (Silsilah As-Shahihah, 3484).

Demikian banyak manfaat sedekah untuk hidup Anda, semoga Anda dipermudah untuk mengeluarkan sedekah. (ummi-online.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.