Umat Muslim Wajib Tahu, Ini Waktu yang Diharamkan Lakukan Salat Duha

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini Waktu yang Diharamkan Lakukan Salat Duha
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu keutamaan atau manfaat salat sunah duha yaitu dilancarkannya pintu rezeki bagi orang yang menunaikannya. juga baik apabila dilakukan setiap hari untuk kesehatan jasmani maupun rohani.

Namun, sebelum Anda melakukannya, ada baiknya Anda mengetahui waktu-waktu yang diharamkan dalam melaksanakannya. Karena walaupun hukumnya sunah, tetapi bila dilaksanakan pada waktu yang haram tentu tidaklah baik juga. Lantas, kapan waktu yang benar melaksanakan salat duha?.

Waktu yang benar dalam melakukan salat duha adalah sekitar jam 9 pagi WIB daerah Jakarta dan sekitarnya, saat matahari mulai panas, sebagaimana sabda Rasulullah, “Salatnya orang-orang yang kembali kepada Allah adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari” (HR. Muslim).

Lalu kapankah waktu diharamkannya salat duha?. Yakni waktu setelah subuh sampai matahari terbit dan meninggi (sekitar jam 6-7.30 WIB), dan waktu sebelum zuhur sekitar pukul 11.30 hingga menjelang azan zuhur. “Tidak ada salat sesudah subuh hingga matahari meninggi” (HR. Bukhari dan Muslim). Dalam riwayat lainnya:

“Kerjakan salat subuh, kemudian jangan kerjakan salat hingga matahari terbit dan meninggi. Karena (saat itu) matahari terbit di antara dua tanduk setan dan saat itu pula orang-orang kafir bersujud kepadanya. Setelah itu silahkan mengerjakan salat (sunah) karena salat itu disaksikan dan dihadiri (oleh Malaikat) sehingga bayangan tegak lurus (tengah hari). (Saat itu) jangan kerjakan salat, karena neraka sedang dinyalakan. Jika bayangan telah condong, silahkan kerjakan salat karena salat disaksikan dan dihadiri (oleh Malaikat) sehingga engkau mengerjakan salat asar. Sesudah itu janganlah engkau mengerjakan salat hingga matahari terbenam. Sesungguhnya matahari terbenam di antara dua tanduk syetan dan ketika itu orang-orang kafir bersujud kepadanya” (HR. Muslim). (ummi-online.com/Lala)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.