Umat Muslim Waspada! Ini 6 Hadis Daif Seputar Bulan Muharam

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim Waspada! Ini 6 Hadis Daif Seputar Bulan Muharam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini masih banyak umat muslim yang percaya begitu saja dengan yang tidak jelas sanadnya. Padahal, mereka perlu memastikan derajat sebuah hadis, apakah sahih, hasan, (lemah), atau bahkan palsu.

Nah, ternyata ada cukup banyak hadis palsu yang beredar khususnya seputar yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam beramal.

Berikut enam hadis yang dinilai daif (lemah), bahkan palsu:

1. “Bulan yang paling mulia adalah Al-Muharam”. (Hadis daif, sebagaimana keterangan Al-Albani dalam Daif Al Jami' As-Shagir, no. 1805).

2. “Siapa yang berpuasa sehari di bulan Muharam maka untuk satu hari puasa dia mendapat pahala puasa tiga puluh hari”. (Hadis palsu, sebagaimana keterangan Al-Albani dalam Silsilah Hadis Dhaif, no. 412).

3. “Siapa yang berpuasa sembilan hari pertama bulan Muharam maka Allah akan bangunkan untuknya satu kubah di udara, yang memiliki empat pintu, tiap pintu jaraknya satu mil”. (Hadis palsu, sebagaimana keterangan Ibnul Jauzi dalam Al-Maudhu'at, 2:199, dan As-Syaukani dalam Al-Fawaid Al Majmu'ah, Hal. 45).

4. “Siapa yang berpuasa di hari terakhir bulan Dzulhijjah dan hari pertama bulan Muharam, berarti dia telah mengakhiri penghujung tahun dan mengawali tahun baru dengan puasa. Allah jadikan puasanya ini sebagai kaffarah selama lima tahun”. (Hadis dusta, karena di sanadnya ada dua pendusta, sebagaimana keterangan As-Syaukani dalam Al-Fawaid Al-Majmu'ah, Hal. 45).

5. “Sesungguhnya Allah mewajibkan Bani Israil berpuasa sehari dalam setahun adalah hari ‘Asyura, yaitu hari kesepuluh bulan Muharam. Karena puasalah kalian di bulan Muharam dan berilah kelonggaran (makan enak dan pakaian baru) untuk keluarga kalian. Karena inilah hari di mana Allah menerima taubat Adam ‘alaihis salam… (Al-Fawaid Al-Majmu'ah, Hal. 46).

6. Pemimpin umat manusia: Adam, pemimpin bangsa Arab: Muhammad, pemimpin bangsa Romawi: Shuhaib Ar-Rumi, pemimpin bangsa Persia: Salman Al-Farisi, pemimpin bangsa Habasyah: Bilal bin Rabah, pemimpin gunung: Gunung Sina, pemimpin pohon: bidara, pemimpin bulan: Muharam, pemimpin hari: hari Jumat….(Hadis palsu, sebagaimana keterangan Al-Albani, Dhaif Al Jami' As Shaghir, no. 7069). Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.