Unija Madura Mewisuda 872 Mahasiswa

Avatar of PortalMadura.com
Unija Madura Mewisuda 872 Mahasiswa
Kiri, Rektor Unija Madura, Dr. Sjaifurrachman pada momentum Rapat Terbuka Senat Universitas Wiraraja, wisuda Magister, Sarjasa dan Diploma tahun 2022 (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Universitas Wiraraja () Madura, Jawa Timur, mewisuda 872 mahasiswa, Rabu (19/10/2022). Dan dibagi dua sesi.

Rapat terbuka senat Universitas Wiraraja, wisuda Magister, Sarjasa dan Diploma tahun 2022 itu, bertempat di gedung Graha Adi Poday, Jl. Trunojoyo, Sumenep.

Pada kesempatan itu, juga hadir Kepala Pusat Strategi Kebijakan Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Muhammad Takdir.

“Mewakili seluruh sivitas akademika Unija mempersembahkan dengan penuh rasa bangga dan bahagia, 872 wisudawan dari 7 fakultas dan Pasca Sarjana,” kata Rektor , Dr. Sjaifurrachman, dalam sambutannya.

Pihaknya mengucapkan selamat atas kelulusandan pencapaian gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh. “Semoga ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan di Unija dapat menjadi ilmu yang bermanfaat,” harapnya.

Dengan gelar akademik, tentu memiliki tanggung jawab baru dalam memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Selain itu, para wisudawan sudah sepatutnya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua atau wali, keluarga terdekat yang tak pernah henti memberikan dukungan moril maupun materi serta doa yang tak lelah dipanjatkan.

“Gelar yang disandang hari ini, juga tidak mungkin didapat tanpa semangat dan ketulusan para dosen dan juga tenaga kependidikan Unija. Jasa mereka semua patut kita apresiasi,” ujarnya.

Pihaknya mengharapkan, jadilah alumni yang memiliki kompetensi tinggi, kompetitif dan komparatif serta terus menjaga etika dan moral sebagai seorang profesional yang mengedepankan prinsip jujur, mau bekerja keras, dan disiplin dalam menjalankan tugas dan kewajiban di masyarakat sehingga mampu bersaing secara profesional di tingkat global.

“Juga perlu mengasah jiwa kewirausahaan saudara yaitu dengan meningkatkan disiplin diri, berkomitmen tinggi, kreatif, inovatif, mandiri dan memiliki kecakapan hidup untuk dapat membuktikan diri saudara sebagai pribadi yang mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat,” katanya.

Melalui Ikatan Keluarga Alumni Universitas Wiraraja, kata dia, almamater berharap dapat membagikan pengalaman yang telah didapatkan, baik dari dunia kerja maupun sebagai pelaku wirausaha sebagai kontribusi bagi kemajuan Unija dan masyarakat.

Unija Madura Mewisuda 872 Mahasiswa
Rapat Terbuka Senat Universitas Wiraraja, wisuda Magister, Sarjasa dan Diploma tahun 2022 itu, bertempat di gedung Graha Adi Poday, Jl. Trunojoyo, Sumenep. (@portalmadura.com)

Unija Berdaya Saing Global

Sjaifurrachman menyampaikan, sebagaimana telah ditetapkan dalam Statuta dan Rencana Induk Pengembangan Unija tahun 2019-2039, bahwa Unija memiliki visi yang ingin diwujudkan melalui penetapan misi, tujuan dan sasaran.

“Terwujudnya Unija berdaya saing global di bidang ilmu pengetahuan, moralitas dan kewirausahaan berkarakter kebangsaan merupakan visi yang dapat dicapai melalui penyelenggaraan tata kelola universitas yang sehat dan berbasis sistem informasi terpadu dalam penyelenggaraan kegiatan Tridarma pendidikan,” terangnya.

Selain itu, juga melalui peningkatan publikasi ilmiah dengan ciri khas kewirausahaan serta peningkatan kerja sama kemitraan dengan institusi pemerintah, perguruan tinggi, serta instansi mitra lainnya. Seluruhnya dalam rangka mewujudkan lulusan bermutu yang berkarakter, memiliki moralitas dan integritas serta berjiwa kewirausahaan.

Menurutnya, visi dan misi Unija memiliki tujuan dan sasaran yang digambarkan dalam 4 (empat) tahap peta jalan Unija yakni; tahap pertama, dengan menyelenggarakan tata kelola yang sehat untuk mewujudkan Teaching University yang ideal.

Tahap kedua, mewujudkan Unija sebagai Excellent Teaching University yang unggul di tingkat regional, menuju tahap berikutnya, yaitu mempersiapkan diri menjadi perguruan tinggi unggulan di tingkat nasional serta tahap terakhir yaitu terwujudnya Research and Entrepreneurship University pada Tahun 2039.

Dalam rangka mencapai Rencana Induk Pengembangan pada Tahun 2039 itu, Unija terus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta Indikator Kinerja Utama yang ditetapkan Kemdikbudristek.

“Kami sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Madura yang telah terakreditasi Baik Sekali selalu berusaha untuk tetap memenuhi standar pendidikan tinggi melalui upaya pengembangan sistem pembelajaran, pembangunan sarana prasarana, serta peningkatan kualitas dan kuantitas mahasiswa dan lulusan,” katanya.

Hal tersebut, diwujudkan melalui;

1. Pelaksanaan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dengan total peserta pada Tahun 2022 sebanyak 138 mahasiswa yang aktif mengikuti 5 program MBKM yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang Bersertifikat, Kampus Mengajar, Program Wirausaha Merdeka dan Studi Independen;

2. Pelaksanaan Praktisi Mengajar pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023 dengan jumlah praktisi yang aktif mengajar di Universitas Wiraraja sebanyak 11 orang praktisi dari berbagai instansi di Sumenep dan Jawa Timur;

3. Penerimaan mahasiswa asing sebanyak 3 orang mahasiswa yang berasal dari Malaysia dan Timor Leste;

4. Pembangunan desain penanganan limbah dan pengolahan sampah dalam rangka mewujudkan Kampus Hijau;

5. Serta pembangunan gedung kuliah baru untuk memberikan fasilitas bagi 1.385 mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023.

Unija Madura Mewisuda 872 Mahasiswa
Wisudawan

Unija Madura Membangun Sinergi

Universitas Wiraraja yang pada tahun ini telah mencapai usia ke-36, terus berusaha untuk membentuk sinergisitas yang baik dalam mewujudkan Unija unggul.

Keinginan untuk bersinergi itu dibentuk melalui penguatan kerja sama tim di berbagai elemen, mulai dari Yayasan Arya Wiraraja, Pimpinan Universitas dan Fakultas, Pimpinan Satuan Kerja, seluruh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa.

Selain itu, kata Sjaifurrachman, juga diperlukan adanya peran alumni serta masyarakat umum di kawasan Sumenep dan Madura pada umumnya. Melalui sinergisitas yang baik, diharapkan dapat mewujudkan Unija sebagai perguruan tinggi unggul tidak hanya di Madura namun di tingkat Regional bahkan Nasional.

Sinergisitas dalam mewujudkan Unija unggul juga dibuktikan melalui prestasi kemahasiswaan yang telah berhasil diraih hingga menempatkan peringkat kemahasiswaan Unija pada posisi 80 di tingkat nasional.

Komitmen dukungan Unija dalam bidang kemahasiswaan juga ditunjukkan dalam beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di antaranya;

1. Beasiswa Bidikmisi Ongoing (94 orang)
2. Beasiswa Bidikmisi Profesi (2 orang)
3. Beasiswa KIP Kuliah Ongoing (473)
4. Beasiswa KIP Kuliah Reguler (101 orang)
5. Beasiswa KIP Kuliah UM (121 orang)
6. Beasiswa Tahfidz Qur’an (1 orang)
7. Beasiswa Prestasi (5 orang)
8. Beasiswa Duta Kampus(6 orang/tahun).

(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.