oleh

Unija Sumenep Terakreditasi Baik Sekali

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyandang status terakreditasi Baik Sekali.

“Itu sudah diumumkan per tanggal 17 November. Peringkat dan status secara institusi dengan nilai 329,” terang Rektor Unija, Sumenep, Sjaifurrachman, Jumat (20/11/2020).

Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) tidak lagi menggunakan model akreditasi A, B, dan C.

Pada peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 1 Nomor 8 menggunakan istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terakreditasi untuk akreditasi yang dilakukan dengan regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0.

Hal tersebut merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Dalam hal ini, kata dia, Unija menunjukkan sudah bukan universitas lokal lagi, tetapi nasional. “Artinya, wujud pengakuan dari pemerintah sudah layak sebagai PT yang diperhitungkan tingkat nasional,” tandasnya.

“Kalau dulu masih menggunakan tujuh kriteria dengan sebutan terakreditasi A, B dan C. Yang sekarang itu, lebih dinaikkan lagi dengan sembilan kriteria,” jelasnya.

“Negeri pun masih banyak yang belum terakreditasi Unggul. Dari 125-an PTN di Indoensia, baru 45 PTN terakreditasi Unggul,” sambungnya.

Berarti, kata dia, Unija sudah klaster Baik Sekali. “Kalau diperingkatnya [Unija] kemarin sudah di 156 PTS se-Indonesia,” terangnya.

Capaian tersebut patut disyukuri karena tertinggi sejak 34 tahun atau sejak Unija berdiri secara institusi. “Kita sudah megang SK resminya dan sertifikatnya juga sudah kita terima,” katanya.

Pihaknya berharap, Unija terus maju dan bisa membanggakan bagi masyarakat, khususnya Sumenep dan umumnya warga Madura. Sebab, yang terakreditasi Baik Sekali jarang la ya di Madura,” pungkasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Dwi Oktaviana KK

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.