oleh

Unija Teken MoU Keantariksaan dengan LAPAN

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi (PT) yang menjalin kerjasama atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di Jawa Timur.

Kerjasama keantariksaan tersebut pada bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, perekayasaan serta pengabdian masyarakat di bidang sains, teknologi penerbangan dan antariksa.

MoU dilakukan langsung oleh Rektor Unija, Sjaifurrachman dengan Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2019).

Turut hadir dalam momentum tersebut yakni PR I, Mujib Hannan beserta Kepala LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Anik Anekawati.

Kerjasama LAPAN dengan Perguruan Tinggi (Foto. Istimewa for @portalmadura.com)

Rektor Unija, Sumenep, Sjaifurrachman menjelaskan, tujuan penandatanganan kerjasama dan nota kesepahaman ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya yang dimiliki, khususnya di Sumenep di bidang sains serta teknologi penerbangan dan antariksa.

Loading...

“Yang terpenting bagi Wiraraja adalah kerjasama ini menyangkut penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya saat dihubungi PortalMadura.Com.

Direncanakan, ke depan pihaknya bersama LAPAN akan melakukan penelitian bersama mengenai pemindahan jarak jauh untuk potensial sumber daya alam yang ada di Kabupaten Sumenep.

Di samping itu, Kepala LPPM, Anik Anekawati menjelaskan, bentuk pelaksanaan kerjasama dengan LAPAN adalah mengadakan pelatihan dasar mengakses hasil penginderaan jarak jauh untuk bahan ajar mata kuliah yang berhubungan dengan perpetaan, sains bumi antariksa, ilmu spasial, geologi teknik, kontur bumi, dan sebagainya.

Kemudian pihaknya akan melakukan permohonan penginderaan jarak jauh terkait potensi sumber daya alam di Kabupaten sumenep sebagai pembaharuan rencana strategi penelitian dan pengabdian masyarakat dosen Unija, khususnya untuk lahan kering dan pesisir.

“Dengan adanya kerjasama ini, beberapa mata kuliah yang kompetensinya tidak tercapai, maka akan tercapai. Dengan adanya dosen tamu dari LAPAN nanti akan terpenuhi kompetensi ini. Tentunya ini akan meningkatkan kualitas proses pengajaran di Unija,” katanya.

Diakui, pihaknya bangga menjadi perguruan tinggi di Jatim yang mendapatkan respon cepat bisa berkolaborasi dengan lembaga berbasis ilmu pengetahuan seperti LAPAN.

“Kami berharap MoU ini benar-benar akan memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas untuk pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi di Unija,” pungkasnya.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar