Uniknya Patung Sakera di Mulut Gua Lebar Sampang Madura

Avatar of PortalMadura.Com
Uniknya Patung Sakera di Mulut Gua Lebar Sampang Madura
Gua Lebar di Sampang (Istimewa)

PortalMadura.Com, berukuran cukup besar dibangun di mulut Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Patung itu, menjadi daya tarik tersendiri disalah satu destinasi wisata yang ada di kota Bahari. Pak Sakera dengan kaos bergaris merah putih khas orang Madura, seperti menyambut kedatangan pengunjung.

Lokasinya, hanya 800 meter dari kota atau tepatnyadi Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Kota.

Salah seorang pengunjung, Adesta Melani Citra Sandi (33), warga Pademawu Timur, Kabupaten Pamekasan, menjelaskan, keberadaan patung Sakera mempunyai daya tarik tersendiri.

“Kalau mau masuk ke Gua Lebar itu, ya lewat di selengkangan patung. Unik dan menarik,” katanya pada PortalMadura.Com, Kamis (27/4/2017)

Dijelaskan, para pengunjung yang datang pada sore hari, tidak hanya menikmati gua, melainkan dapat melihat matahari yang mau terbenam. “Jadi, cukup indah dan menarik dikunjungi,” ujarnya.

Lokasi gua tersebut berada pada ketinggian kurang lebih 500 meter diatas permukaan laut. Secara geografis, kondisi ini memungkinkan para wisatawan untuk melihat view Kota Sampang dari posisi pandang sebelah barat, timur dan utara.

Sebelah selatan memungkinkan melihat pemandangan laut Selat Madura dengan dukungan menara pantau dari atas kawasan gua tersebut.

Gua Lebar ini memiliki karakteristik berbeda dengan gua lainnya, yakni berdinding tebing jenis batu kapur berupa batu bata putih.

Selain itu, berbagai sumber menyebutkan, bahwa Gua Lebar merupakan tempat bersejarah yakni di dalamnya terdapat petilasan Pangeran Trunojoyo.

Untuk menuruni gua, sudah tersedia jalan buatan, sehingga tidak akan kesulitan. Namun, bila berani dan suka tantangan, bisa menjelajah lebih dalam lagi.

Disebutkan, sebelah kiri ada jalan masuk menuju bongkahan-bongkahan batu besar. Setelah melewati batu-batu tersebut, akan menemukan sebuah area luas dengan langit-langit gua.

Disebelah kanan, dapat menyusuri jalan yang diselimuti dedaunan yang menuntun menuju gua yang lebih dalam tanpa sinar matahari.

Ingin mencoba tantangan ini? Tak ada salahnya, jika berkunjung. Para wisatawan juga dapar menikmati kolam renang yang tak jauh dari lokasi wisata gua tersebut. (Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.