VIDEO – Indah dan Unik Pencak Silat Pamur Khas Madura

  • Bagikan
Pencak Silat Pamur.
Pencak Silat Pamur (Istimewa)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pencak Silat Pamur khas Madura, Jawa Timur, berbeda dengan pencak silat pada umumnya. Selain gerakannya indah, juga terlihat unik.

Salah satunya, ada di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dengan nama Pencak Silat Angkatan Muda Rasio (Pamur), yang diciptakan oleh Raden Hassan Habuddin (asli Madura).

PortalMadura.Com, Senin (5/6/2017) mengutip dari akun Instagram (IG) Pamur Pamekasan, menyebutkan, bahwa Pamur berdiri dilatar belakangi oleh berbagai faktor yang berkembang di masyarakat Madura pada tahun 1950.

Salah satu faktornya, yakni banyaknya aliran pencak silat saat itu, yang berkembang di masyarakat, antara lain Bawean, Melayu, Minangkabau, Cimande dan lain-lain.

Beraneka ragamnya aliran ini disebabkan karena pada umumnya masyarakat Madura memiliki kegemaran bertualang keluar daerah dan selalu mempelajari aliran pencak silat daerah tempatan.

Ciri-ciri Pamur adalah gerakan permainan berada dalam posisi menengah, banyak memperkuat kuda-kuda, terutama kuda-kuda pasif, mengurangi gerakan khayal, mementingkan rasio atau akal pikiran, dan progresif.

Pencak silat Pamur yang indah dan jurus tegas, terangkum dalam sebuah permainan tangan kosong maupun menggunakan benda tumpul, seperti tongkat serta berbagai jenis senjata tajam (Sajam), semisal golok, pedang, celurit dan pisau.

Bagi seorang pendekar tentu akan meramu beragam jurus serta aliran hebat menjadi metode tempur yang mengagumkan. Kaya akan gerak dan teknik berasaskan keluhuran budi pekerti serta filosofi keilmuan yang rasional.

Intelektualitas yang dipadu dengan kreatifitas serta ditopang dengan keimanan, akhirnya lahir jurus yang berkualitas untuk membela diri demi menjaga martabat sebagai warga Madura.

Pencak Silat Pamur ini terus berkembang dikalangan muda-mudi Madura. Baik di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan maupun Kabupaten Sumenep. Bahkan, sering dikemas menjadi tontotan bagi masyarakat, selain mengikuti event diberbagai level untuk mengukir prestasi para pendekar.

Berikut salah satu pertunjukan Pencak Silat Pamur yang diperankan oleh kaum perempuan.

https://youtu.be/sDm0Wga96VU

(Hartono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.