oleh

Video Mobil Luar Kota Bebas Masuk Sumenep Tanpa Pemeriksaan Petugas Posko Covid-19

PortalMadura.Com – “Ketatnya Pemeriksaan di Perbatasan Sumenep“. Ini judul video yang diunggah di youtube oleh akun #jelajah sumenep, pada 8 April 2020.

Miris! isi dari konten tersebut ternyata mobil yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur justru bebas tanpa ada pemeriksaan dari petugas Posko Covid-19.

Lokasi yang ditunjukkan dalam video berdurasi 6 menit 21 detik itu yakni diperbatasan Sumenep-Pamekasan. Sedangkan Pamekasan sudah masuk zona merah Covid-19.

Rupanya, pembuat video tersebut ingin membuktikan kesigapan petugas kesehatan (medis) dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Saat ini, Sumenep masih zona hijau.

“Ini kita ingin cek kesigapan tim medis yang ada di perbatasan Sumenep-Pamekasan, karena dari beberapa waktu yang lalu banyak sekali tetangga saya, bahkan famili saya yang dari Jakarta mulus melewati perbatasan tanpa diperiksa dan semacamnya,” kata seorang pria dalam video itu mengawali videonya.

Dalam caption-nya, ia dari Pamekasan menuju Sumenep. “Ini kita mencoba mengikor di mobil plat L (Surabaya, red) ya. Kita lihat bagaimana nanti disana, disuruh turun untuk pengecekan atau tidak,” ujarnya.

“Ternyata gak di stop, saya dan mobil lainnya lewat begitu saja,” dalam caption video itu.

Bahkan, kamera pembuat video tersebut mengarahkan ke arah Posko Covid-19. Dan terlihat jelas ada dua mobil plat merah sedang parkir.

iklan hari santri
kamera
screenshot

Pada menit ke 3, mobil yang ditumpangi pembuat video berhenti (menepi) ke pinggir jalan dan tetap memantau arus lalu lintas atau kendaraan yang masuk ke wilayah Sumenep.

“… itu L, L, semua yang lewat… ini menunjukkan jam dua kurang seperempat (13.45 WIB). Gak ada petugas di jalan,” suara pria itu sambil menunjukkan jam tangan yang dikenakan.

“… Semuanya lewat dengan mulus termasuk saya,” katanya.

Bahkan, sebuah bus yang lewat juga lolos dari pantauan petugas Posko Covid-19 di perbatasan Sumenep-Pamekasan. Pembuat video juga mempercepat gambar videonya.

“.. tadi itu kita kan ini membikin time sleep ya. Bikin time sleep itu, ada mungkin satu jam lebih lah. Itu cuma jadi sekitar belasan detik,” sebutnya.

Pembuat video mengaku tidak tahu seperti apa SOP-nya (Standard operating procedure). “Apakah memang harus bus yang malam hari yang datang dicek ataukah mobil dengan plat zona merah itu yang dicek, atau, entah lah, tapi saya lihat tadi di lapangan banyak sekali yang lolos mobil plat N, L, B, itu banyak. Ada juga DK…,” sebutnya.

Ia juga menyebutkan, sekitar 30 menit banyak lalu lalang mobil tapi itu tidak ada petugas di jalan. Bahkan, saat ia melintas juga tidak diperiksa petugas dan mulus melewati perbatasan.

“Oke lah, kita sama-sama berbuat demi perbaikan Sumenep. Semangat,” katanya.

Diakhir videonya, bertuliskan “Lewat Begitu Saja Bus Jakarta Surabaya”.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.