Wabah Virus Corona China, Masyarakat Diminta Tak Cemas dan Panik

Avatar of PortalMadura.com
Wabah Virus Corona China, Masyarakat Diminta Tak Cemas dan Panik
Agus Mulyadi

PortalMadura.Com, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mengimbau masyarakat tetap waspada dan menjaga perilaku hidup sehat dan bersih di tengah-tengah kasus dari China yang mewabah pada manusia secara Internasional.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi menyampaikan, idealnya penyebaran penyakit dari binatang kepada manusia. Namun, kasus virus corona mewabah dari manusia kepada sesama manusia melalui udara.

Masyarakat harus memahami terhadap keluhan tentang virus corona yang sedang mewabah dari China ke negara lain. “Tanda-tandanya batuk, panas, ispa dan sebagainya,” terangnya, Selasa (28/1/2020).

Agus menyarankan kepada masyarakat, jika ada keluhan keluarga yang pulang dari luar negeri seusai mewabahnya virus corona agar melakukan pemeriksaan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Sacara nasional, pemerintah pusat sudah menyediakan alat dan melakukan screening penyakit di bandara mau pun pelabuhan.

“Jika ada orang terdeteksi panas tinggi, dia segera diperiksa kemudian dikarantina. Sebaliknya, jika tidak mengedap virus corona langsung dipulangkan,” lanjutnya.

Antisipasi terhadap wabah virus corona, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi tatap muka dan melalui surat edaran di setiap Puskesmas.

“Kami harap, masyarakat jangan cemas dan panik terhadap kasus virus corona. Titik tekannya, masyarakat tetap berperilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.