Waduh! Ratusan Warga Pamekasan Mengidap Penyakit Kusta

  • Bagikan
Waduh! Ratusan Warga Pamekasan Mengidap Penyakit Kusta
Ilustrasi (aktual.com)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Ratusan warga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengidap penyakit kusta. Hingga bulan Desember 2018, tercatat ada 368 penderita yang bisa diinventarisir oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pecegahan dan Pengendalian Penyakit, Ali Maksum mengatakan, sejatinya jumlah penyakit menular baru pada tahun 2018 ditemukan sebanyak 73 penderita, tetapi setelah dikalkulasi secara keseluruhan dalam dua tahun terakhir berjumlah 368 penderita.

“Karena pada tahun sebelumnya pengobatannya tidak tuntas, sehingga banyak,” katanya, Selasa (5/2/2019).

Baca Juga: Lebih 24 Jam, Dua Tahanan Rutan Sumenep yang Kabur Belum Tertangkap

Ali Maksum menambahkan, pihaknya akan berupaya melakukan pengobatan secara intensif terhadap para penderita itu, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Saat ditanya anggaran, Ali Maksum enggan memaparkan berapa anggaran untuk pengobatan kusta tersebut dengan alasan tidak baca.

“Kami punya rencana untuk mengeliminasi, bukan bebas kusta. Artinya, untuk mengurangi sekecil- kecilnya. Kita bukan tidak berupaya agar Pamekasan bebas kusta,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.