Waduh, Tempat Tinggal Setan di Kamar Mandi?

Avatar of PortalMadura.Com
Waduh, Tempat Tinggal Setan di Kamar Mandi?
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan tempat dimana seseorang membersihkan badan agar lebih segar. Tempat ini biasa dikunjungi setiap hari, bahkan ada sebagian orang yang suka berlama-lama di kamar mandi. Entah karena memang membersihkan badan, bernyanyi ataupun hal lainnya.

Apakah Anda termasuk bagian dari orang tersebut?. Jika iya, mulai sekarang Anda perlu waspada. Pasalnya, kamar mandi menjadi rumah atau tempat tinggal .

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW menceritakan bahwa Iblis pernah meminta kepada Allah agar diberi tempat tinggal. Allah pun kemudian memilihkan kamar mandi sebagai rumah mereka.

Secara fitrah manusia memang tidak bisa melihat mereka, namun para setan yang menghuni kamar mandi dapat melihat Anda dan melakukan bujuk rayunya. Tindakan ini mungkin kerap Anda lakukan saat berada di kamar mandi. Ternyata beberapa diantaranya merupakan bentuk godaan setan. Seperti apa godaan tersebut? Berikut ulasannya:

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW  menjelaskan bahwa Iblis ingin memiliki tempat tinggal, layaknya Adam as yang tinggal di bumi.

‘‘Ya Allah, adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,'' kata iblis.

Allah SWT berfirman; ‘‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban),'' (HR. Bukhari).

Kondisi ini tentu saja membuat Iblis tidak akan tinggal diam ketika kediamannya dimasuki oleh manusia yang menjadi target utama kesesatan mereka. Itulah kenapa Anda diharuskan untuk membaca doa ketika akan masuk ke kamar mandi.

Berikut ini merupakan hal-hal yang sering dilakukan di kamar mandi namun ternyata adalah godaan setan.

Berlama-Lama di dalam Kamar Mandi
Banyak diantara Anda yang mungkin lama saat berada di kamar mandi. Ternyata, ini merupakan salah satu bentuk godaan yang dilakukan setan. Para ulama menyarankan agar Anda cepat keluar dari kamar mandi karena tempat ini adalah basecampnya setan.

WC dan semisalnya merupakan tempat kotor yang dihuni oleh syetan, maka sepantasnya seorang hamba meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala agar ia tidak ditimpa oleh kejelekan makhluk tersebut.

Namun yang mengherankan kini kamar mandi didesain sebagus mungkin dan membuat orang-orang betah berlama-lama berada di ruangan tersebut. Padahal tempat kotor atau membuang kotoran, itulah tempat berkumpulnya setan.

Bernyanyi atau Berkata-kata
Bernyanyi, berkata-kata atau berbicara ternyata juga merupakan gangguan setan. Ulama sepakat jika kegiatan ini hukumnya adalah makruh atau perbuatan yang sebaiknya tidak dilakukan. Jika dibutuhkan tidak mengapa, jika tidak maka meninggalkannya lebih utama.

Tidak boleh dua orang keluar menuju tempat buang hajat dalam keadaan membuka aurat sambil berbicara, karena Allah memurkai yang demikian itu” (HR. Abu Daud, Ahmad).

Tentu saja, sesuatu jika sudah dilarang agama, pasti setan akan mencari cara bagaimana agar manusia tetap melakukan dan melanggarnya.

Bermain-main Air atau Sesuatu yang Lain
Tidak dipungkiri jika Anda pasti sering melakukan ini. Dengan alasan agar tubuh bersih maksimal, maka seseorang akan berlama-lama di kamar mandinya.

Ternyata ini adalah bentuk gangguan yang dilakukan setan. Selain itu, jika Anda sering saat berada di kamar mandi membawa hp atau ipod, maka berhentilah mulai sekarang, karena hal tersebut merupakan tipu daya setan.

Membiarkan Baju yang Kotor Tergantung dalam Kamar Mandi
Bahkan menggantung baju kotor di kamar mandi tergolong tipu daya setan. Dengan baju kotor yang menumpuk, maka tidak jarang akan menimbulkan penyakit dan berkembangbiaknya bakteri-bakteri yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Setan membuat Anda menjadi malas memperhatikan kebersihan pakaian. Padahal hal-hal yang kotor sangat tidak disukai Allah SWT. Namun itulah yang sangat diinginkan setan, jika Anda menjalankannya artinya mereka sukses membujuk rayu Anda.

Membuat Manusia Lupa Membaca Doa Ketika Masuk Kamar Mandi
Jika Anda selama ini tidak pernah membaca doa ketika akan masuk ke kamar mandi, maka sebaiknya Anda ubah kebiasaan tersebut. Karena sebenarnya hal itu merupakan salah satu godaan setan. Dengan tidak berdoa terlebih dahulu, maka setan akan mudah melakukan bujuk rayu, padahal dengan Bismillah pandangan setan akan tertutupi.

Rasulullah SAW mengajarkan doa saat akan masuk ke kamar mandi, diriwayatkan dari Anas ra, dia berkata:
Ketika masuk kamar kecil (WC) Rasulullah Saw membaca doa (yang artinya), “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan”.

Dahulukan kaki kiri ketika hendak masuk kamar mandi dan dahulukan kaki kanan ketika hendak keluar. Dan jangan lupa bersuci.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.