oleh

Wahai Orang Tua, Begini Cara Latih Anak Agar Bisa Jaga Diri dan Mandiri

PortalMadura.Com – Pada dasarnya tidak semua orang tua bisa selalu bersama dengan anak-anaknya. Salah satu penyebabnya karena keterbatasan ruang dan waktu. Misalnya, orang tua yang setiap harinya sibuk bekerja ataupun dari anaknya sendiri yang sibuk menuntut ilmu.

Jadi, saat tidak bersama dengan orang tua seorang anak perlu diajarkan tentang bagaimana cara mandiri dan menjaga diri sendiri. Akan lebih baik lagi jika hal ini dilakukan sejak dini.

Nah, berikut ini tips untuk melatih kemandirian anak dalam menjaga dirinya saat jauh dari jangkauan orang tua.

1. Mengajarkan anak tentang bagian tubuh anak, bagian mana yang boleh disentuh dan tidak boleh oleh orang lain.

2. Menghindari memaksa anak untuk melakukan tindakan yang tidak ia sukai dan membuat ia merasa tidak nyaman. Misalnya memaksa anak bersalaman dengan orang asing dan lain sebagainya.

3. Biarkan ia mengemukakan pendapatnya, sehingga ia terbiasa menentukan pilihan. Hindari memaksa anak untuk mutlak pada aturan yang orang tua buat.

Loading...

4. Memberikan apresiasi atas prestasinya, jangan ragu untuk memberikan pujian kepada anak, setelah melakukan hal yang baik.

5. Ajarkan anak untuk menolak saat ada orang lain memaksa untuk menyentuh tubuhnya. Jadi, mengajarkan tentang konsep ‘tubuhku orentasiku’ mutlak dapat dilakukan sejak usia dini.

6. Mengajarkan anak tentang momen privasi, seperti saat mandi dan ganti baju dilakukan di ruang yang tertutup.

7. Mengajarkan anak tentang kebebasan memilih dan membantu ia untuk mengambil keputusan apa yang ia inginkan.

8. Luangkan waktu bersama dengan anak. Menumbuhkan kualitas waktu bersama dengan si kecil, usahakan tanpa gadget.

9. Biasakan anak untuk bercerita dengan nyaman kepada orang tua. Jadilah pendengar yang baik untuk mereka.

10. Ajarkan tentang batasan orang asing. Tidak semua orang asing itu jahat, bicarakan dengan santai agar anak tidak merasa tertekan.

Itulah 10 hal yang dapat Anda ajarkan sebagai orang tua kepada anak untuk menumbuhkan sifat mandiri dalam dirinya. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar