Wahai Orang Tua, Ini 3 Cara Ajarkan Kebiasaan Sehat pada Anak

Avatar of PortalMadura.com
Wahai Orang Tua, Ini 3 Cara Ajarkan Kebiasaan Sehat pada Anak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak perlu dilakukan sejak dini. Karena, saat sudah beranjak dewasa ia akan mulai terbiasa melakukannya.

Dengan kata lain, apabila usia anak terbilang sudah tidak muda lagi, dia akan lebih mandiri tentang bagaimana cara berperilaku sehat. Misalnya, mulai dari cara makan yang baik dan benar, merawat dirinya sendiri agar tidak tergantung pada orang lain.

Wahai orang tua, sudah tahukah bagaimana cara mengajarkannya?. Jika tidak, yuk intip cara mengajarkan kebiasaan sehat anak berikut ini:

Orang Tua Jadi Model
Orang tua bisa menjadi model dan contoh bagi anak. Ketika anak-anak melihat orang tua berolahraga, mereka cenderung melakukan aktivitas tersebut. Batasi waktu bermain gawai atau menonton tv.

Sebagai gantinya, ajak anak beraktivitas di luar. Anak menjadi lebih aktif dan berenergik dengan beraktivitas di luar rumah. Jika anak ingin bermain gawai, batasi bermain tidak lebih dari satu jam sehari.

Sediakan Makanan Sehat
Makanan sehat, baik camilan dan makanan berat harus tersedia. Jika Anda membawakan bekal makan siang sekolah anak-anak. Sisipkan buah dan sayur. Mintalah anak bicara, buah atau sayuran apa yang disukai untuk dimakan.

Bantu Anak Berperilaku Sehat
Berbagai keterampilan hidup perlu dipelajari anak-anak. Misal, perawatan diri (mandi, cara berpakaian), melakukan pekerjaan rumah tangga, dan mengelola uang. Salah satu cara anak belajar adalah mencontoh orang dewasa.

Temukan cara untuk membantu anak Anda mempraktikkan keterampilan tersebut dengan cara yang menyenangkan. Anda bisa minta anak membantu membuat jadwal, apa yang perlu dilakukan dalam satu hari. Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar kebiasaan sehat. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.